Teriakan seorang teman…….

Sebelom loe pada baca apa yg gw tulis, gw ingetin , tulisan ini mengandung banyak kata keras cenderung kasar yg mungkin sifatnya provokatif, but that’s who I am. Yang ga terima, ga sependapat,ga suka, silakan, gw menantang untuk perang terbuka, kita argue sampai puas, ,I know what I know, I know what I believe in, and I know that it’s right.

Prologue
Seminggu terakhir ini,gw lewatin sambil bingung sama proses penegakan hukum di Indonesia, KPK vs Polri , Antasari Vs Mbuh siapa , DPR Vs media , TvOne vs MetroTV , TPI vs perusahaan asing apa tau namanya, KD vs Anang *oke mulai ngelantur* , rasa bingung itu masih ditambah rasa ketidakpastian, tentang gimana nasib nilai DV, nasib nilai – nilai yang belom masuk, tentang temen yang ngehambat nilai untuk masuk *and believe me, such being does exist* dan tentu aja,tentang kapan YUDISIUM, di-SUMPAH-in,dan MAGANG.
12 november 2009,23.45
Just got home, mencolokan henpon , n there’s a message ( not Massage !! ) from Atria Abirama on my yM : ‘yok,wis reti? yudisium e dhewe 30nov,magang 7 des, dibagi 2 kloter, sing rampung 31okt +7 nov barengane dhewe, sing rampung 14 nov+ 21 nov yudisium 24 des,magang 28 des’ *yeah I know…English + bahasa Indonesia + jowo ,but hey, that’s the way I talk though*
hanya ada satu hal yang ada di pikiran gw saat itu “What the Fuck ??” –uncensored,no beeps needed-

Intinya Yo??
Gw emang ga tau apa2… gw ga ngerti gimana ceritanya kebijakan-keputusan ini bisa begini akhirnya. yang gw tau,sekian bulan yang lalu waktu gw lagi stase anak,ada rapat kloter 2 dan 3 tentang urusan YUDISIUM dan MAGANG,waktu itu gw ga dateng,bukan karena ga peduli,bukan karena ga bisa,bukan karena ga sempet,tapi karena ga kebangun -ketiduran…… whoopz – dan sebagai konsekuensinya,karena gw ga dateng,gw ngehormati dan siap ngejalanin keputusan apapun yg dihasilkan pertemuan itu,dan hasilnya setau gw adalah YUDISIUM medio desember,dan MAGANG sekitar seminggu setelahnya. beberapa saat sebelum pertemuan itu emang ada wacana tentang kloter 2 dan 3 kepisah-pisah dgn alasan “Kasian khan yang udah selesai duluan…” bullshit alias tai kebo,dari kelompok sedang SI-08 yg selesai 31okt, ga ada sedikitpun pikiran untuk mau ninggalin siapapun. loe bisa pegang omongan gw.
Pertanyaan gw sekarang adalah kenapa hasil akhirnya kaya gini?
Temen temen yang terkasih, mengasihi gw,pura pura gw kasihi dan pura pura mengasihi gw….
suka atau ga suka,mau atau tidak mau,ngaku atau ga ngaku,kita semua ngerasain luka yang sama waktu kloter 1 (sori digeneralisir,and yes kloter1,kali ini kalian sit back and relax aja,tidak terlibat kok *piss) memutuskan untuk ninggalin kita,sumpah duluan dan UKDI sabtu ini…(sehalus apapun gw coba untuk me-rephrase,kata-kata diatas gw rasa paling tepat, sorry ). Luka itu, sebesar apapun, sekecil apapun, gimanapun bentuknya *e.g marah,sebel,benci, ignorance, merasa dikhianati,atau malah ga ngerasa apa-apa..* kita semua rasain,bahkan gw yakin juga dirasain sama temen-temen kloter 1,dan sekarang…gw yakin kita malah ngelakuin hal yang sama, even worse…..let me elaborate..

A.hasil keputusan ini (KALAU INI MEMANG AKAN IMPLEMENTATIF DAN BUKAN MURNI KEPUTUSAN KAMPUS) tuh amat sangat MUNAFIK,muka dua,menjurus menjijikan malah kalo gw boleh jujur..like I said earlier,KITA SEMUA ngerasain hal yg sama,luka yg sama,sedih yg sama,perasaan yg sama… tapi knp kita *gw ga tau,dan ga mau nyebut nama….siapapun orang yg terlibat,sebagai promotor,legislator,or even eksekutor* ngelakuin hal yang sama..dan bahkan lebih buruk ! kenapa lebih buruk? kloter 1 punya tujuan yg jelas,konkret,dan wajar untuk dikejar saat memilih untuk ninggalin kita which is UKDI…mereka memilih untuk rasional,mengambil kesempatan yang bisa diambil,untuk UKDI bulan November…jadi menurut gw,tujuannya JELAS,NYATA-KONKRET,dan WAJAR… sementara, kloter2 yang rampung 31okt maupun 7nov,maupun 14 nov dan kloter 3 yang 21 nov tidak punya perbedaan agenda…kapanpun kita YUDISIUM,MAGANG,SUMPAH,PELANTIKAN kita tetep baru UKDI paling cepet februari 2010 (itu aja jadwal belum jelas kapan)..jadi keputusan to leave our men-and women- behind ini tidak punya tujuan yg JELAS,NYATA-KONKRET dan GA WAJAR ! apa loe mau bilang, “supaya urusannya cepet beres aja…” beol darah..emang yang ditinggalin ga mau urusannya cepet selesai? atau mau bilang ”supaya bisa konsen belajar buat UKDI…” tai kucing… gw berani jamin,dan yakin,ga akan ada bedanya. Kloter 1 aja UKDI WHILE mereka MAGANG ! sebagian dari mereka malah bisa ngumpul malemmingguan ngerjain soal bareng,merelakan waktu pacaran,wktu nonton di empire dan waktu nonton bokepnya buat belajar bareng buat UKDI,apa kloter 2 dan 3 ga punya kekompakan kaya gt? we are worse than them aren’t we…thanks for proving it…..*knp yg dibold malah kata kasarnya sih yo???*

B.i personally believe bahwa socialcostnya jauh lebih besar dari benefitnya… in other words mudharat menang lawan manfaat…… ga percaya ? sekarang, pejamkan mata teman-teman semua… pikirin teman-teman di FK 04 yang masih kita inget sekarang..udah? sekarang bayangkan, by the end of 2010,berapa banyak yg masih kita inget..? bayangin 5 tahun dari sekarang,berapa byk dari jumlah orang itu yg masih kita inget…*kalo belom kiamat 2012*,bayangin dari itu,10 tahun lagi..50 tahun lagi,berapa banyak yg masih kita inget…dan dari jumlah orang yg masih kita inget 20-30-40 tahun lagi itu,berapa banyak yang kita inget kebaikannya,bukan atas hal buruk yg pernah dia lakuinn sama kita,quys*and girls of course* gw jarang minta org supaya percaya sama apa yg gw omongin* since most of’em are bullshits* tapi kali ini gw mohon temen2 untuk percaya sama gw..bahwa kita sudah semakin merenggang..makin jauh… makin ga terasa kebersamaan dan kekompakan sebagai suatu angkatan… sedih gw kl ngebandingin angkatan kita 2004 tercinta sama 2002,2003…mereka jauuuuuh lebih solid daripada kita,bahkan sampai mereka dah lulus dan kerja dan kepisahpisah kaya sekarang…. apalagi kalo dibandingin sama 2005…. kita pantes malu… Sekarang aja udah jelas banget bahwa kita udah merasa renggang sama anak kloter 1, secara individual mgkn enggak,tapi secara kolektif, kerenggangan itu jelas banget kerasa… angkatan kita udah ter scatter entah melihat ke arah mana,ke arah kepentingannya masing-masing pastinya.. Ga ada yg salah dengan memikirkan kepentingan pribadi…believe me,I’m the most self-centered son of a bitch in this fucking universe *yeah,u know what I mean lah…* tapi bahkan gw,manusia ultra egois ini,yang mungkin kalian label sebagai org yg ga sopan,kasar,egosentris,dan segala macam sebutan lainnya ini pun ga pernah punya pikiran untuk ninggalin siapapun… like I said… mudharat wins… kita makin pecah,makin egoistis,tapi tetep aja harus nunggu ukdi februari..jadi manfaatnya dimana?

C.Menurut gw,apapun di dunia ini ada aturan,mekanisme… dan dalam hal kita ini,mekanisme itu namanya forum…. dan dalam forum,udah jelas keputusannya adalah seperti yang udah gw sebut di atas… andaikata…sekali lagi andaikata….hasil keputusan ini memang murni dari fakultas,karena kebijakan mereka yang entah kenapa nampaknya tidak pernah siap ngurusin pendidikan kita ini… gw akan diam setelah ini.diam,dan ngikutin,karena itu memang mekanisme..
the problem is… ada kabar burung *sumpah bukan burung gw !!!* yg tersebar bahwa keputusan akhir forum tersebut jadi berubah karena ada kepentingan –kepentingan tertentu yang disampaikan kepada orang-orang berwenang, yang sebelumnya tidak disampaikan melalui forum…. padahal kl aja disampekan melalui forum,akan jauh lebih bebas fitnah,gossip dan qibah * sok tau sekali si aryo*. Kalau memang ini bener, menurut gw ini langkah yg ultra PENGECUT, BRENGSEK,menjurus BANCI…. dan kalau mengutip bahasa sehari-hari atria abirama “JINGUK..” ,Kenapa gw merasa harus bereaksi sekeras ini? begini ceritanya *kok kaya acara cerita misteri…* gw ga datang di acara rapat itu,dengan alasan yg tadi udah gw ungkap.Tiap keputusan kita semua itu ter attach dengan konsekuensi , kl loe ga datang rapat,jangan protes hasilnya ga sesuai dengan yg loe mau, kl loe punya pendapat dan lo yakin itu bener,pertahankan sekuat mungkin,perkara nanti bisa kalah dan salah itu lain soal,kalo loe punya kepentingan yg ingin loe masukkan dlm kepentingan bersama,lemparkan ide dalam forum,kalo loe diem,jangan protes-ikutin aja. dan kalo kalah dalam adu argumen..jangan jadi “maen belakang”. Saat keputusan Forum sudah diambil,ya harus konsekuen menjalankannya, why?? karena keputusan forum mungkin memang tidak bisa MEMUASKAN SEMUA orang,tapi itu demi KEPENTINGAN UMUM.. after all, semua temen temen kita ini khan teman sejawat,am I right? dan dengan semua argument diatas gw Cuma mau mengajukan satu statement untuk direfleksikan bagi kita….“My colleagues will be my brothers”- physician oath…apakah yang sekarang terjadi pantas kita perbuat sama SODARA kita sendiri? jawab pertanyaan gw dalam hati.
Sekali lagi,gw minta maaf kl sebelum,selama dan sesudah ngebaca tulisan ini ada orang yg tersinggung… gw Cuma ga mau jadi ikan remora yg bisanya nempel di ikan hiu dan Cuma ngeliat hiu itu ngebunuhin ikan laen…*tolong,bahasa manusianya,maksudnya apa yo??* maksudnya… banyak di antara kita entah kloter 1,2,3,4,5,6,7,8 *berapa klloter sih emang??* atau kloter berapapun lah, yang mungkin bilang gini “duh,iya…sebenrnya sih gw emang juga ga perlu dan ga mau kok cepet-cepet..kita sih sabar aja kok… nungguin juga ga masalah kok…anak-anak aja tuh ga tau kenapa buru-buru…. kenapa sih mereka…” tapi disaat yang sama loe ga ngapa2in dan ga ngomong apa-apa..menurut gw..ya itu lah perwujudan ikan lempeng (remora),yang diem aja,bahkan ga berusaha ngomong…I refuse to be a such person… jalan bahwa keputusan YUDISIUM DAN MAGANG TERPISAH itu tidak implementatif mudah-mudahan masih ada..mudah-mudahan…. dan mudah-mudahan nasi baru jadi bubur..karena bubur ayam masih enak… tapi yang gw takutkan sekarang keadaannya nasi udah jadi tai..dan tai ayam kayanya sih ga enak *gw ga pernah nyoba….jd ga tau rasanya* . Gw nulis ini mungkin ga ada gunanya,tapi gw Cuma pengen teriak sama SIAPAPUN diantara kita –kalau memang ada- yg bertanggung jawab sehingga semua jadi kaya gini supaya sadar bahwa you’ve made a huge mistake dude…… dan semoga setiap hari dalam 2 bulan yg kita jalanin hanya 3 minggu –tanpa arti – lebih cepat dari temen-temen yang kita tinggalin,bakal loe laluin dengan penyesalan….

Salam hormat rekan sejawat,
Aryo Nugroho Triyudanto
04/174771/KU/10973

Leave a Reply

