Seorang Introvert………….

famousintroverts

Kebanyakan orang cenderung menempatkan orang eksrovert lebih unggul disbanding introvert. Bahkan, kadang kita sampai berkata untuk menjadi orang yang sukses, jadilah orang yang ekstrovert, ato dengan kata lain introvert adalah buruk sedangkan ekstrovert adalah baik. Hal ini membuat orang2 introvert cenderung merasa putus asa, dan tergoda atau terpaksa untuk berubah menjadi orang yang ekstrovert.

Orang ekstrovert identik dengan berhati besar, bersemangat, hangat, dan empati. Sebaliknya orang introvert digambarkan sebagi seseorang yang tidak dapar bergaul, pemalu, kaku, penyendiri, pendiam, dan pelamun.

Artikel yang ditulis oleh seorang introvert bernama Jonathan Rauch dengan judul Caring For your Introvert (http://www.theatlantic.com/doc/200303/rauch) mengubah semua anggapan yang selama ini dipikirkan oleh orang lain. Dia membuka mata orang banyak bahwa introvert itu tidaklah seperti yang biasa dituduhkan. Menurut penulis, dalam beberapa penelitian, kaum introvert memproses informasi dengan cara yang berbeda dari orang pada umumnya. Semua orang telah setuju bahwa ekstrovert merupakan orang yang mudah dipahami karena mudah mengungkapkan diri, tetapi kaum eksstrovert justru terpacu karena keberadaan orang lain dan menjadi layu bila sendirian. Kaum introvert setelah bersosialisasi bebrapa jam perlu meluangkan waktu untuk sendirian. Hal ini bukanlah anti social, bukan gejala depresi, dan tidak membutuhkan pertolongan medis. Bagi kaum introvert, menyediri itu sama menyenangkannya dengan tidur, makan, atau merawat diri. Jika orang salah memahami, orang2 cenderung memberikan cap negative dan menempatkan dia di tatanan pergaulan yang salah.

Menurut seorang ahli psikologi, orang introvert dapat sukses dalam bidang yg dia geluti asal memiliki motivasi diri, manajemen diri, self awareness, serta berinteraksi dengan masyarakat dan lingkungan sekitar. Beberapa tokoh terkenal seperti Mahatma Gandhi, Albert Einstein, Michael Jordan, J. K. rowling, Bill gates, Steven spielberg merupakan introvert.

Kaum introvert memang tidak pandai berkomunikasi, sehingga potensi yg dimilikinya tidak terlihat segera. Meski dewmikian, orang introvert dapat terbuka dan lepas ketika menemukan seseorang yg cocok dengan dirinya. Tidak seperti orang ekstrovert yang bias berrgaul dengan siapa saja, orang introvert membutuhkan kenyamanan saat berteman. Introvert cenderung berpikir sebelum berbicara, orang ekstrovert berpikir ketika berbicara.

Jika ada teman atau keluarga kita yg termasuk orang introvert, perlu ddidukung dengan :

1. Menyadari bahwa introvert bukan pilihan, bukan gaya hidup, tetapi sebuah orientasi

2. Jika menemukan orang introvert kehilangan kata-kata, jangan berkata “hei, ada apa?” atau “ kamu baik-baik saja?”

3. Jangan juga berkata yang lainya.

56 Responses to “Seorang Introvert………….”

  1. blogmu keren mas..!!
    ga nyangka kamu suka ngo blog juga ^^

  2. Jogjaboy Says:

    lha kowe opo peng?

  3. Jogjaboy Says:

    aku link ya peng blogmu

  4. Kok tiba2 pas kae kowe tiba2 eling tentang blog iki?
    Hubungane opo?
    Btw, wat duyu ting ai em?introvert berpikir sebelum bicara, ekstrovert berpikir ketika berbicara..lha op ora berpikir baik sebelum, ketika, atau sesudah berbicara ik xD

  5. atriabirama Says:

    op adalah orang yg tidak waras. hahahahaha……………..

  6. Puas bi? –”

    Btw, kamu apa jadinya?

  7. atriabirama Says:

    ak juga gak tau ki??? seh bingung….
    ak juga bingung carane ngelink blog neng wordpress…..

  8. Jogjaboy Says:

    tinggal add link peng, neng dashboard ono

  9. woiii bii, apa kabar?

  10. atriabirama Says:

    BAiik gung…..
    Kowe piye neng jakarta???
    Udah ber Loe-Guwe blom??? kamu harus bangga jadi putra daerah lho….

  11. terimakasih…..saya kadang berpikir seperti itu….
    selalu jauh daru orang….

  12. baru tahu gue apa itu introvert dan extrovert..
    oh giu ya.. makasih atas artikelnya yang bagus..

  13. introvert Says:

    saya baru tau selama ini kenapa saya memiliki perasaan seperti seorang introvert baru tahu itu merupakan orientasi. tapi itu bukan suatu penyakit!

  14. aq penasaran apa sih introvert?..soalnya ada yg bilang itu aq banget,.setelah baca blog ini baru tau deh. Tp klo dpikir2, kyknya wkt sekolah dulu deh aq yg introvert banget,,skrg dah agak kurang..ga terlalu pemalu2 banget..lht2 orgnya jg sih,,ada yg bisa langsung klop tp ada jg yg butuh waktu..aq pikir itu introvert itu bkn sesuatu yg jelek. G kebayang aj kan klo smua org itu ekstrovert,,jd siapa yg bakalan dengar omongan klo smua nya jg ngomong?? y ga??

  15. kadang waktu ada di lingkungan baru gw selalu mencoba u/ berubah menjadi orang yg ekstrovert, namun setelah b’adaptasi di lingkungan itu gw kembali menjadi introvert,
    ternyata ini memang orientasi gw, scr ga langsung mm gw yg milih jalan itu (keadaan itu kembali k semula) n gw mm m’batasi diri dg lingkungan, n gw jg bukan tipe orang yg seneng t’expose di lingkungan umum
    ada saat’y ketika gw lebih nyaman melakukan suatu kegiatan sendiri
    tapi gw jg ttp suka hang out rame2 dg tmn deket ataupun tmn lama

    thx ya blog ini b’manfaat 4pmahaman diri gw
    salut

  16. Sipb, blognya bagus. Ternyata banyak yg senasib, haha. Thanks infonya..

  17. andai aku introvert yg sukses, kyk JK Rowling ma Steven Spielberg biar ada yg kubanggain di depan temen2 yg extrovert. Kebanyakan mereka banyak gaya dan suka meremehkan, tapi aku bukan anti extrovert lho.

    Banyak juga temen2ku yg extrovert, tp biasanya ada tembok diantara kami. Dia lbh suka curhat ma sesama temen extrovert meskipun kita uda temenan lama, skitar 3 thn.
    Selain itu, dia sering mengambil sikap indifferent ketika intovertku lagi parrah bgt, misal: pengen sendiri mulu, trus suka reject undangan kumpul2 tanpa alasan yg jelas, dan sering malas angkat telpon. Bawaannya pengen mengisolasi diri.
    Itulah contoh2 yg bikin temen2 extrovertku frustasi sendiri ngadepin aku pas lagi begitu. Kata mereka: “Lu knp sih? Sombong ya?”
    *padahal aku ga sombong kok*

    • aqu org yg amat sangat ekstrovert,tp sangat memahami sahabat yg sifatny introvert n aq jug bukan anti introvert lho,salah satu sahabatku adalah org ygsangat amat introvert but so far so good hubungan kita tetap baik walau dgn latar belakang yg berbeda.n aku merasa sangat bahagia saat sahabatku yg introvert itu mulai terbuka padaku,,, yg ekstrovert ini.🙂

  18. dodo filan Says:

    Halo mas Atriabirama… saya boleh terbitkan artikel ini di blog saya ga??

    dodosiblogger.blogspot.com

    yang pasti saya pasti memunculkan sumber artikel yang saya dapat ini, dari blog ini..

  19. bner bnget,,lebih suka mnkmati ksendrian dan lbh suka ngbrol dgn orng trtentu jd obrolannya lbih brnilai

  20. He. . he. . introvert itu terasa hampa dan menyesakkan

  21. atriabirama Says:

    @semuanya, monggo silakan diambil…

  22. saya ingin bertanya apakah orang introvert juga ada kaitannya dengan kepribadian ganda?

    org2 di sekitar saya bilang katanya saya termasuk orang introvert, tapi awalnya saya tidak prcaya, tp setelah sekian lama saya renungkan saya sendiripun trkadang merasa ada sesuatu yg beda pada saya dibanding org disekitar saya, yakni saya tidak pandai bicara, tidak terlalu pandai bergaul dan tidak suka suasana keramaian yang penuh suara tidak jelas.
    apakah hal itu termasuk ciri org introvert

    terima kasih

    • ame pluie Says:

      orang introvert emang cenderung senang menyendiri tapi itu bukan berarti bahwa orang introvert tidak bisa berkomunikasi dengan baik.. mereka mempunyai komunikasi yang baik hanya saja setiap kali mereka melakukan hubungan sosial mereka merasa lelah karena tenaga mereka habis dan biasanya mereka menyendiri untuk mengembalikan tenaga mereka.. mereka cenderung fokus pada dunia dalam pikiran mereka.. kebalikannya orang ekstrovert yang bertenaga jika berada dalam kumpulan orang..

      orang introvert tidak sama dengan orang yang berkepribadian ganda.. orang yang berkepribadian ganda tidak menyadari saat menjadi orang kedua.. orang berkepribadian ganda adl 2 orang dalam 1 tubuh yang mempunyai karakter berbeda sedangkan orang introvert cenderung fokus dengan dunia dalam diri mereka..

  23. Mr. Introvert Says:

    hebat skali blogmu ini mas..
    skarang aku jadi lebih PD…

  24. introvert = mereka tidak tahu rasanya,jadi jalan saja tanpa memperdulikan siapa-siapa..

  25. ame pluie Says:

    introvert minoritas di kalangan umum.. mayoritas di kalangan orang berbakat..
    albert einstein salah seorang introvert..

  26. atriabirama Says:

    yah silahkan menilai diri sendiri masing2… yang jelas itu semua gak mutlak kok..

  27. makasi info yang bermanfaat, boleh nanya ya??, mungkinkah, dikatakan sbg introvert bisa dilihat dari masa balita? mungkinkah introvert bisa diturunkan dari orang tua yg introvert? maturnuwun yo….

  28. aku suka bngt ma postingan ni… ak jd ngerasa gak malu jadi introvert.

  29. ada yg salah ketik woi :

    Hal ini membuat orang2 introvert cenderung merasa putus asa, dan tergoda atau terpaksa untuk berubah menjadi orang yang introvert.

    harusnya jadi extrovert kan????

  30. Aku sedikit lega setelah baca post di atas. Jadi pengen tanya, gimana cara menghadapi orang ekstrovert yang nuntut kita (para introvert) buat bersikap sperti mereka?
    thx

  31. atriabirama Says:

    @fathur: yoi gan, sudah dikoreksi kok.. thanks ya…

  32. Momo Leo Says:

    ah bener sekali postingan ini, gw suka kok menyendiri tanpa alasan yg jelas karena itu mengangkat semua beban yg ada, gk berarti gw gk suka gaul gw sering jalan bareng ato kmn” dgn temen gw. Dan gw orgnya cengerung fun di antara temen” gw cuma klo lagi kambuh yah itu kemana” maunya sendiri
    gk perlu ada orang dan siapapun

  33. Introvert itu aku bgt tapi,masih bingung apakah aku ini termasuk orang yg berbakat seperti contoh tokohnya ato apa aku kurang motivasi diri aja mohon pencerahanya

  34. senjamerah Says:

    ya, saya seorang introvert. dan, dalam sejarah hidup masa kemarin saya, saya lebih banyak memisahkan diri dari komunitas tertentu. bagaimana agar saya tak menjadi seorang yg anti-sosial….?

    kpd ATRIABIRAMA terima kasih sebelumnya…=)

  35. aku suka bingung sekali apakah aku introvert banget..

  36. Mrs introvert Says:

    knp org2 kbnyakan g ska dgn adany org introvert disekeliling mreka… padahal orng yg introvert tu gak ganggu. itulah yg mmbuat orang introvert yg minoritas mrasa muak dgn adanya org ekstrovert yg gak memahami org introvert.muak dgn orng yg hanya mnyalahkan tp tdk memahami….

  37. saya terkadang benci dengan orang yg tertawa, walaupun entah menertawakan apa pun itu….di saat suasana hati saya sedang galau……dan saya cenderung lebih suka menyendiri, karena saya tidak pernah menemukan teman yang benar2 teman menurut saya!!!!!!!!!

  38. introvert is not bad

  39. Sebenarnya artikel ini menarik, sangat menarik. Bagaimana kalau artikel ini lebih diperdalam?

  40. silentman Says:

    mas sya izin minta artikel ini buat blog sya trims sblumnya

  41. cerita saya mengenal diri saya bahwa saya introvert dan pendapat saya tentang orang introvert

    http://merekamimajinasi.blogspot.com/2011/05/am-i-introvert.html

  42. hah,
    sabarnya kita kudu full nih ngadepin sifat introvert .

  43. Kadang mood q naek turun utk bsa b’sosialisasi. Kadang aq bsa mengobrol dgn teman2,tp d swtu sat pasti aq malas utk ngomong..dan itu membuat teman2 q segan kalo mw ngobrol dgn q..kadang itulah yg membuat q kecewa dgn sifat introvert..tapi jalani hidup apa adanya lah..🙂

  44. aku juga
    tapi gmana menyikapinya?

  45. bangga menjadi introvert……he..he..he…

    the introverte said: “i am the system”

  46. bangga menjadi introvert..he..he..he..

    the introvierte said: “i am the system”

  47. aq jg introvert banget, tapi ora opolah, emang sdh digariskan seperti itu, yang penting kita bisa mengimbangi dalam hidup bermasyarakat.

    banyak teman yang bilang, kamu kok pendiem sih, kamu kok serius amat sih, kok kamu ga betah sih kumpul2 bareng sama teman2.
    aq jawab saja.. aku seorang introvert.. dah paham.

  48. hanya krna saya tidak terlalu suka bersosialisasi,dan hanya akn brteman dengan org yg ngbuat saya comfort meskipun cuma satu org,saya juga cenderung tertutup,pemalu ato lbh tept’y tdk mmlki rsa prcya dri,apa saya termsuk introvert ato mendekati introvert ato tdk sma sekali.

  49. epriana Says:

    this is a good article that i need

  50. Reblogged this on Riyanski.

  51. tertarik untuk membaca tentang hal ini,,,hemmm
    thanks,,,

  52. Bagus artikelnya.

Leave a Reply

