Hehehe, Lumayan!!! JANTUNG nih!!!!!!!!!!

Halo, minggu ini saya jaga ICCU, (nek sing rung ngerti ICCU–> intensive cardiology care unit). Jangan salah sama yang namanya ICU (intensive care unit). Jadi dari namanya saja sudah jelas bahwa semua pasien yang ada disitu itu semuanya sakit jantung dan menurutku adalah orang-orang yang beruntung. Kenapa ak bilang beruntung???? Pasti anda2 juga sudah sering denger orang meninggal kena serangan jantung yang tiba-tiba, nah pada orang-orang itu, mereka adalah orang yang tidak beruntung (dalam konteks hidup ya!!! bukan yang lain.) Oia, penyakit jantung itu ada banyak ya, tapi semua akhirnya menuju ke sebuah kondisi yang namanya gagal jantung, bisa akut, bisa juga kronik, kalo yang meninggal secara tiba3 itu namanya gagal jantung akut. Gagal jantung akut, biasanya karena penyakit jantung koroner (walah bahasa planet mana tuh????). Koroner adalah sebutan bagi pembuluh darah yang memberi makan buat jantung, jadi ketika terjadi sesuatu disitu, mis. sumbatan, maka otomatis sel-sel jantung ini kelaparan. Ketika sel-sel ini kelaparan, mereka mengeluarkan sinyal-sinyal yang bahasa kerennya disebut sitokin yang akhirnya menimbulkan gejala nyeri di dada sebelah kiri. Nah semakin lama kelaparan, makan sel-sel jantung ini akan mati (infark) ato biasa disingkat AMI (Acute Myocard Infact). Sebenarnya nyeri dada yang dikarenakan oleh penyakit jantung itu menimbulkan gejala yang sangat khas, nyerinya letaknya di sekitar dada sebelah kiri, tidak bisa ditunjuk, menjalar bisa ke leher-rahang-lengan kiri, nyerinya dirasakan lebih dari 20 menit, semakin memberat, dan tidak berkurang dengan istirahat. Nah kalo temen2 ketemu yang kayak begini, maka orang yang sakit dada ini harus segera dibawa ke rumah sakit, jika pertolongan tertunda, dapat mengakibatkan kematian.

Nah saiki dibahas wae, sebenernya apa sih yang bikin PJK ini???? salah satu penyebab yang paling sering sekali adalah atheroseclerosis atau kekakuan pembuluh darah, bisa karena merokok, makan-makanan berlemak, minum2an keras, gaya hidup yang kurang gerak, dll. Sepertinya semua itu ada pada gaya hidup orang indo sekarang ya. makanya makin bayak yang sakit jantung. huhuhuhu…….

Pokoknya buat siapa aja yang baca artikel ini, mengenali gejala adalah menjadi sangat penting, karena dengan mengenali gejala kita bisa cepat mencari pertolongan and menghasilkan angka kesembuhan yang tinggi.

Inrmezzo, kemaren disela jaga ICCU, ak dapet tentiran dari dokter Erika. Dia orangnya cerewet, tapi pinter, dan mau ngajarin kita2 yang haus akan ilmu ini. hehehe……. kita dapet tentiran tentang ACS nah, pah ditengah tentiran, pas itu lagi analisis rekam jantung, ada pasien yang kena iskemik inferior, trus dia bilang sama kita2 “kalo iskemik inferior, kemungkinan ada iskemik dimana?, yang bisa jawab tak traktir bakso!”. Karena malem sebelumnya ak sempat dapet tentiran, trus karena ak tau, wah lumayan nih dapet bakso gratis, ak jawab aja “Posterior dok!!!”, dia bilang “kok pinter kowe?”. dalem hati, ak bilang “hehehe, kan habis tentiran dok tadi malem.” akhirnya kemaren sabtu, ak dapet 10k buat beli bakso sendiri. Kemaren, ak juga dapet pengalaman RJP (resusitasi jantung paru), udah berhasil 2 kali, tapi akhirnya meniggal juga, dan gak tertolong…………

10 Responses to “Hehehe, Lumayan!!! JANTUNG nih!!!!!!!!!!”

  1. Mantabs!
    ini berguna banget bi, thanks!😉
    (dulu aku pernah nanyain tentang ini juga kan?)

    Bi, yang kamu RJP itu meninggal beneran, simulasi, atau cuma boneka susi??

    PS: salam utk dokter erika, ya? huahaha😀

  2. atriabirama Says:

    sama2 gung!!! kayaknya kamu dulu nanya tentang hipertensi dimana salah satu komplikasinya ya kesini. Trus yang tak RJP ya manusia beneran, meninggal beneran, tapi dari masuk memang udah jelek kondisinya. Heh salam, ya ntar kalo ketemu lagi, karena aka sekarang mau memulai sesuatu yg baru di klaten……
    selamat datang klaten, selamat tinggal ICCU………..

  3. Elys Welt Says:

    makasih infonya🙂

  4. atriabirama Says:

    Sama2 Elys Welt, senang bisa bantu orang2. hehehe……
    BTW, ni sapa sih, kenalan donk!

  5. woi,, rjp berhasil 2x, atau adrenalin bekerja 2x? hahahaha…

    wis iso moco EKG tenan po?
    pak dokter, tolong jelaskan dong, torsades des pointes itu apa ya…

    mampir neng blog-ku bu, adrianhasdi.blogspot.com

  6. waduh, error ki komen…

  7. atriabirama Says:

    Aduh ada bang adrian si bibir tebal!!!!
    Eh, sing penting RJP-ku wes bener kok, ra koyo sing pas neng OSCE kae lho. wes mantep saiki, Satu langkah maju toooo???, terlepas dari apa yang bekerja (obat atau RJP) tetep suatu pengalaman berharga to???

    Sorry yo wingi tak rusakke hpmu. kowe njaluk ganti rugi ra????

  8. wah-wah!
    blog dokter abi mulai rame! hohoho.. senangnyaa..🙂
    *joged pisang*

  9. sedih ya pasiennya meninggal juga:(

  10. atriabirama Says:

    ya begitulah…………………….
    sedih juga, tapi gak nyesel, karena dah mencoba semaksimal mungkin.

    btw, anonim ini siapa ya???? kenalan donkkk, ato ak dah kenal ya???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: