Gangguan Menstruasi..

Menstruasi adalah proses alamiah pada peremouan. Normalnya, menstruasi terjadi setiap 22-35 hari, selama 2-7 hari. Terdapat lima gangguan menstruasi yang paling sering muncul, yaitu oligomenore (jangka waktu haid terlalu lama), polimenore (terlalu sering haid), hipermenorea (darah haid terlalu banyak), hipomenorea (darah haid terlalu sedikit), dan amenore (tidak haid sama sekali).
Ada dua penyebab utama gangguan menstruasi. Pertama, kelainan organ seperti mioma, kanker atau polip. Kedua, kelainan hormonal. Dari kelima gangguan menstruasi diatas, ada yang berbahaya ada yang tidak berbahaya. Oligomenore tidak berbahaya, namun perempuan dapat memiliki potensi sulit hamil, karena tidak terjadi ovulasi. Polimenore dan hipermenore adalah gangguan menstruasi yang berbahaya. Terlalu sering haid (polimenore), misalnya 2 minggu sekali, dapat menyebabkan anemia. Begitu juga dengan hipermenore dapat menyebabkan anemia. Polimenore dan hipermenore juga berhubungan dengan gangguan bekuan darah dan mioma. Polimenore yang terkait dengan gangguan hormonal, dapat terjadi pada perempuan yang mengalami peralihan dari masa subur ke masa menopause. Polimenore juga dapat terjadi pada perempuan muda menjelang haid pertama kali. Perempuan obesitas juga terkadang mengalami polimenore. Factor penyebab hipermenore adalah mioma uteri, polip endometrium, endometritis, dll. Suntik KB dapat menyebabkan oligomenore maupun amenore. Jika tidak menggunakan KB pil ato suntik, oligomenore berhubungan dengan penyakit polikistik ovarium. Yang menyebabkan perempuan tidak dapat menghasilkan sel telur, sehingga tidak terdaji ovulasi yang pada akhirnya dapat menimbulkan gangguan hormone, akibatnya jangka waktu haid sangat lama.
Perempuan dikatakan amenorea jika tidak menstruasi lebih dari 5 bulan sejak menstruasi terakhir. Amenore dibagi menjadi dua yaitu primer dan sekunder. Amenore primer terjadi pada perempuan yang tidak pernah mendapatkan haid, sedangkan amenorea sekunder terjadi pada orang yang pernah mendapatkan haid, tapi kemudian berhenti karena anovulasi. Amenore primer biasanya disebabkan oleh gangguan dari lahir. Sedangkan amenore sekunder dapat disebabkan karena kehamilan, penggunaan KB, dll.
Sebaiknya jika perempuan mengalami siklus haid yang tidak sesuai dengan criteria normal, segera memeriksakan diri ke dokter.

157 Responses to “Gangguan Menstruasi..”

  1. diLaAnakmusayang Says:

    paa..kau peduli sekali pada wanita akher2 inii…ckckckckckkc..hhehehee

  2. Adhya Utami Larasati Soetjipto Says:

    aku dulu tiap hari pertama tok mesti sakit. tapi sjak beberapa bln trakhir Alhamdulillah dah ga pernah sakit lagi. ngopo yo Penk? apa ada hubungannya dgn makan kuaci bunga matahari ya? aku baca di internet katanya bagus buat ngurangi nyeri haid bila dimakan sebelum mens. hohoho

  3. atriabirama Says:

    normal itu mbak adya, ada yang sampe gak bisa jalan kalo parah. so tenang aja, selama siklusnya teratur santai aja………….

    dil, jelas donk, bagi2 ilmu buat yang baca. biar kayak dokter online gitu. hehehehe.

    • aku umr 28th,sdh nikah,saya mau tanya kemarin saya haid tgl 9 juli terus udah selesai selang 1 hr keluar drh sgr lg, itu knp ya pak?

  4. Gmn kl0 saya trus trusan mengeluarkan cairan kuning kputihan b’cmpur dgn wrna merah gmn s0lusiny agar tdk klwr lg?

  5. Apakah ada D0kter ahliny?

  6. atriabirama Says:

    Buat mbak Sweet, untuk mengatasi hal seperti yang mbak keluhkan, mbak bisa mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Disana nanti akan dicari lebih lanjut kenapa kok terjadi hal yang seperti mbak alami. Karena banyak faktor yang mempengaruhi, tentu saja perlu keteliatian yang lebih untuk mencario penyebabnya. Apa yang saya tulis diatas itu hanya gambaran umum saja……

    Semoga berguna.

  7. saya wanita berumur 22 tahun dan telah menikah setahun yang lalu.
    Dua bulan terakhir ini sejak hiad saya yang terakhir, saya mengalami flek-flek yang bewarna merah kecoklatan. setelah diperiksa ke dokter, saya diberi resep berupa obat untuk pengatur hormon yang sejenis pil KB. sebulan setelah mengkosumsi pil tsb saya mengalami haid kembali dengan kuantitas haid yang cukup tinggi. dua hari yang lalu sewaktu akan buang air kecil, dari vagina saya keluar seperti daging sebesar telapak tangan.
    yang ingin saya tanyakan apakah daging yang keluar itu adalah janin atau ada kelainan dalam organ reproduksi saya dan apakah gangguan yang sedang saya alami?
    terima kasih.

  8. atriabirama Says:

    kalo yang keluar berupa jaringan(seperti daging) dan bukan darah, ada kemungkinan anda pernah hamil.
    saya sarankan anda periksa ke dokter kandungan, untuk dilakukan pemeriksaan USG, karena jika memang pernah hamil, dan masih terdapat sisa janin, maka harus dilakukan pembersihan, agar tidak mengganggu di kemudian hari.
    trimakasih….

  9. saya seorang cewek yang berusia 20 tahun, dan saya belum menikah, saya mau nanya.kalau yang siklus nya >150 hari gimana cara menangani nya?????
    saya sering konsul sama bidan atau pun dokter, tapi saya tidak pernah USG….
    abdomen saya sering terasa tidak enak banget karena ganguan mentruasi ini,
    mohon doa nya yach… agar siklus menstruasi saya normal.
    terima kasih…

    • anggra Says:

      mbak ira gimana siklus haidx sekarang? apa sudah lancar? aq cew usia 20 tahun yg pnya keluhan sama kyk mb ira wktu umur 20 th.

  10. saya sangat membutuhkan informasi dari anda cara menanganinya, dan apakah benar jika saya diberi kesempatan buat menikah kelak saya bisa hamil atau tidak?
    terima kasih yach atas informasi / jawabannya…..

  11. atriabirama Says:

    Mbak IRA:
    Dari keluhan mbak diatas, besar kemungkinan keluhan tersebut terjadi karena ada gangguan yang bersifat patologis bukan fungsional. Gangguan tersebut bisa dari hormonal, ato bisa juga dari anatomis, ato juga karena sebab lain. Untuk mengetahui secara pasti apa yang menyebabkan keluhan mbak diatas, mbak ira harus segera berkonsultasi ke dokter kandungan. Disana mbak Ira harus menceritakan sejelas-jelasnya tentang keluhan yang mbak rasakan, karena informasi tersebut sangat berguna dalam mencari penyebab keluhan yang mbak alami. Selain itu untuk mengetahui secara pasti, kemungkinan juga akan dilakukan pemeriksaan hormonal ato pemeriksaan usg.

    Harap diingat, kemungkinan besar untuk mengembalikan siklus menstruasi hingga normal memerlukan waktu yang tidak sedikit, sehingga mbak ira harus sabar, dan mengikuti seluruh anjuran yang dikter berikan.
    Semoga bermanfaat….

  12. kak Rama,aku cewek berusia 15 tahun,kelas 1 sma.aku mau tanya kak kenapa siklus menstruasiku engga teratur?terakhir aku mens kalo ngga salah bulan November 2008 dan sampe detik ini aku blom mens lg.waktu itu pernah sampe 4 bulan aku engga mens tapi akhirnya mens juga banyak trus setelah itu aku mens lalu sampe skrg blom mens lg.aku takut kak soalnya aku lihat teman2ku mens-nya lancar.Kata dokter kandungan waktu itu aku engga apa2 cuma hormonnya blom normal dan maybe ada yg dipikirin jg buat aku stress,tapi apa aku termasuk dlm salah 1 kategori gangguan menstruasi diatas?ada engga cara khusus biar bisa normal siklusnya?mama dan kakak ku baik2 aja menstruasinya,aku hny takut nanti pas aku udah dewasa kak kalo aku udah pny pendamping

    Tolong beri aku penjelasan dan solusi yg baik ya kak,Terima Kasih

  13. saya kalo mens agak lama jangka waktunya tapi pas mens darahnya banyak.kira2 kenapa ya?apa yg harus saya lakukan?apakah ada dampaknya?

    trima kasih

  14. atriabirama Says:

    buat putri:
    pertama kali mens umur berapa?? memang pada awal masa puber, siklus mestruasi cenderung tidak teratur, tapi tenang aja, hal ini masih wajar, karena keseimbangan hormonnya belum tercapai.
    selain itu, banyak faktor lain seperti stress, dan gizi yang ikut berpengaruh. sebagai contoh, orang yg sedang stress tinggi, bisa jadi siklus mens menjadi tidak teratur.
    untuk sekarang, kamu gak perlu khawatir, nanti seiring bertambahnya usia, siklus mens juga akan mulai teratur.

  15. atriabirama Says:

    buat tini:
    hal yang perlu dinilai dari mens adalah keteraturannya, apakah teratur ato tidak, trus pas lagi mens darahnya seberapa, dan berapa hari keluarnya, lalu umur pertama kali mens berapa?

    beberapa orang memang ada yang memiliki siklus yang panjang, tetapi teratur, hal ini masih normal, tapi jika kadang keluar banyak, kadang sedikit, tidak teratur, dan disertai nyeri yang sangat, ada baiknya anda memeriksakan diri ke dokter kandungan

  16. Kak, tiba2 saya mengalami menstuasi lagi (walaupun tidak banyak, tapi tidak hanya sekedar flek), padahal saya baru saja selesai menstruasi seminggu yang lalu. Gejala apa Ya?

  17. atriabirama Says:

    baru sekali ini kan gak teratur???
    tenang aja, nanti kalo semakin gak teratur baur khawatir lagi oke!!!

  18. Bank, aq mo nanya…. knp ya siklusku kok ga teratur???? kadang2 2 bln kadang2 sampe 3 bln br datang lg… trus pd hari pertama perut suka sakit bgt….. trus aq jg prnh baca mengenai kanker ovarium jg ada indikasinya ga ya????? aq jg blm nanya ke dokter jg seeh… hehehe….. thnx atas infonya

  19. atriabirama Says:

    kurang lengkap ya datanya, umunya berapa, mens pertama kapan, dll….
    sakit kalo nggak sampai mengganggu aktivitas gak masalah, tapi kalo mengganggu bisa minum obat yang biasa dijual di toko2 obat…

  20. Setelah melahirkan anak kedua, saya menjadi sering mens (jarak 1 mgg, paling lama 2 mgg). Sudah diperiksa, sampai cek lab, hasilnya normal. katanya sih tidak cocok KB. Sudah mencoba beberapa KB dari suntik sampai pil, tetap saja tidak cocok. dan sekarang saya sudah 1 tahun mengalami hal ini. Bagaimana nih.

  21. saya usia 21 th, sudah beberapa bulan ini siklus haid terlalu cepat, tiap bulan saya sering mengalami 2 kali haid. Dari yg saya baca di atas mungkin saya termasuk yg di bilang polimenore,untuk lebih jelasnya siklus haid saya spt ini : dari tgl 3feb-11feb, kmd tgl 25feb-5maret, kmd tgl 19maret-26maret, tgl 7apr-14apr, 4mei-12mei, 28mei-5juni dan terakhir 19juni-27juni.. Darah keluar banyak pd hari di awal haid saja(hr 1-2) dan terkadang jg disertai rasa nyeri.. Nah yg ingin saya tanyakan, apakah hal spt ini bisa menyebabkan menopause terlalu cepat,sedangkan usia saya msh 21th?? Kemudian bgaimana mengatasi supaya tdk menimbulkan anemia,dsb..
    Thx bwt infonya..

  22. atriabirama Says:

    @ Ani: hal yang perlu diketahui adalah bahwa KB jenis pil, suntik, susuk, sama2 jenis hormonal jadi sebenernya gak ada bedanya. jika sebelum ber KB mens-nya lancar, kemungkinan tidak cock KB bisa juga, apalagi dari hasil lab yg semuanya normal. Coba ganti KB yang bukan hormonal seperti dengan spiral. Karena telah lama menggunakan KB hormonal, mungkin diperlukan waktu beberapa lama sebelum efek dari hormon yang ada di KB hilang.

  23. atriabirama Says:

    @Evi: kemungkinan lebih ke arah gangguan pembekuan darah, tapi untuk pastinya, anda harus memeriksakan diri ke dr kandungan terdekat, apalagi jika sebelum ini siklus anda teratur. Menopause terjadi pada wanita berumur 40-an. tergantung dari banyak faktor seperti gizi, dll.
    Untuk mencegah anemia, tentu saja dengan makan makanan bergizi, dan juga perlu suplemen besi yang banyak dijual bebas di apotek2.

  24. saya usia 26 thn siklus menstruasi saya ga teratur.hal itu terjadi sejak saya pertama menstruasi kira2 usia 11tahun kira2 pengaruh ga pada kesuburan?

  25. atriabirama Says:

    Yang dimaksud tidak teratur itu seperti ap????
    kalo memang tidak teratur, ya kemungkinan bisa mengganggu kesuburan. Yang perlu dicari adalah apa penyebab dari ketidakteraturan tadi, apakah faktor organik ato non organik, karena hal ini sangat mempengaruhi terapi apa yang akan diberikan. Untuk tau pasti, maka harus ke dr kandungan, dimana dia akan memeriksa lebih lanjut tentang siklus menstruasi iyana.

  26. saya usia 22 tahun belum menikah pertama kali datang haid pada usia 13 tahun,, namun beberapa tahun terakhir ini mentruasi saya tidak lancar bahkan kadang sampai 2 bulan sekali baru mens..bulan juni kemarin mei saya mens tanggal 2-9 mei dan itu keluarnya banyak serta sakit, pada bulan juni tanggal 29 namun itu hanya flek saja,,sampai saat ini saya belum mens lagi…yang ingin saya tanyakan apakah yang menyebabkan ketidakteraturan tersebut??apakah berpengaruh ke depannya?apakah flek yang keluar itupun masuk pada siklus mentruasi?apa yang harus saya lakukan agar menstruasi saya lancar??

  27. mbak,saya umur 26 tahun dan belum menikah.waktu februari saya mendapat mens saya setelah itu bulan maret tidak datang dan pas bulan april saya dapat mens itu pun sangat sedikit lebih seperti flek2, stelah itu mens saya berhenti lagi sampai bulan akhir mei/ juni (saya lupa persisnya kapan)kmr cuma ada coklat2 saja (flek kali ya) sampai sekarang saya belum dapat lagi. kenapa ya???
    pada bulan mei saya sudah cek ke dokter kandungan,tapi kata dokternya rahim saya baik2 saja, tidak ada miom/kista dan dokter bilang tidak usah khwatir karena telur di dalam rahim saya proses menetasnya lama sehingga menstruasi saya datangnya lama dan dokternya bilang juga tidak memberikan obat apa2. tapi saya masih khawatir karena keterlambatan ini
    memang dari awal pertama kali dpat mens tidak selalu teratur kadang2 telat datang kadang2 datangnya kecepatan,tetapi maksimal 2 bulan sekali sudah mendapatkan haid biarpun tidak teratur

    please hellpppppp :(

  28. atriabirama Says:

    @ ellen, kamu sudah periksa ke dokter, dan hasilnya tidak ada masalah dengan rahimmu. bisa diobservasi selama beberapa bulan sebelum ke dokter lagi. Yang penting diingat adalah masalah keteraturan, karena ada juga yang siklusnya memang lama, tetapi teratur, hal ini bisa masih normal.

    @elis, ingat bahwa faktor psikologis juga berpengaruh terhadap siklus mens. apalagi jika sebelumnya siklusmens-nya teratur. disamping itu gizi juga berperan dalam siklus mentruasi.

  29. sya berusia 17 tahun,
    di usia ini sya mengalami mens yang tdak teratur tdak sperti pda waktu 16 th ato sebelumnya,
    sya mens nya 1 blan itu sampe 3 kali,
    kira2 pa penyebab nya kak?

  30. atriabirama Says:

    @myra, mens tidak teratur baru sebulan terakhir???
    hmm, apa ada kegiatan ato pikiran yang gak seperti biasa, ato gimana mensnya?? yang 3 kali sebulan itu selama berapa hari?? kuantitasnya gimana??

  31. sya rmaja brusia 17 thn,sya sring skali mngalami tlat menstruasi. kadang cuma stahun 2x s/d 3x sja stahun. kata ibu saya it wjar karna ibu sya jg dlu sprti itu.apkh it wjr kak? dan apkh bnar tlat mnstruasi itu bsa jg krna faktor keturunan?kra2 ap y pnybnya ka?tlng djwb yah… mkch

  32. ya baru sebulan terakhir ini aja, tpi sya kwatir soalnya sya gak pernah mens smpe 3 kali sebulan, sya pernah mens sperti skarang, tpi tu cuma 2 kali sebulan, tu saja cma 2 blan sya seperti itu,,
    kalo masalah pikiran, memang sya punya masalah, tpi sebelumnya jga sya pernah punya masalah yang lebih berat dari yang sya hadapi sekarang,
    jadi kira2 apa penyebabnya???

  33. Aku mw tanya donk.. Normal gak sich kalo haid dlm 1 bln 2 kali.. umur ku baru menginjak 12 thn desember nanti.. aku dpt mens sktr 5 bln yg lalu.. trims

  34. atriabirama Says:

    @mirna: itu masih normal sekali, memang pada awal2 menstruasi, sering tidak teratur, tapi itu sangat normal.
    @desy: hal itu bisa jadi normal, ato mungkin ada gangguan. jika memang tidak teratur, apakah ada gejala lain selain itu misalnya nyeri??? untuk kepastiannya memang harus periksa ke dokter spesialis kandungan. sehingga jelas diketahui yang menyebabkan ketidakteraturannya.
    @myra: oke berarti masih 1 bulan ini saja to, terus kuantitasnya gimana??? seberapa hari?berapa banyak yang keluar?? apakah seperti mens yg biasanya ato hanya bercak2 saja??

  35. Sya cwe,brumur 20thn. Setelah menstruasi trakhir dan 3 blan selanjutnya sya tidah menstruasi lagi. Namun stlelah cek kehamilan hasilnya negatif.
    Itu kenapa ya?

  36. atriabirama Says:

    @desita: sorry infonya kurang lengkap. soal seperti ini info harus lengkap, seperti kapan pertama kali mens, sebelum ini teratur atau tidak bearapa hari, berapa banyak, pernah nyeri ketika mens ata tidak, ada riwayat menggunakan obat2n yang mengandng horonal atau tidak. karena banyak sekali faktor yang dapat mempengaruhi terjadinya mestruasi.

  37. kasusku hampir sama kayak myra..aku bulan ini 3 kali menstruasi..
    ini siklus menstruasiku bulan ini..
    yg pertama, 11 Juli – 17 Juli
    yg kedua, 26 Juli – 1 Agustus
    yg ketiga (sekarang), 9 Agustus – …

    yg kedua,darahnya keluar seperti menstruasi biasa dok selama 5-7 hari juga..kemudian selesai..skarang aku menstruasi lagi padahal baru seminggu yg lalu selesai menstruasi (yg kedua) lagi..masa dalam sebulan 3x menstruasi,ya?apa itu normal?padahal biasanya ga pernah bgini.selalu normal..

  38. mas,saya berumur 25 tahun dan belum menikah,berta saya sekitar 70kg tinggi 153cm dan menstruasi pertama sekitar usia 11 tahun,dari dulu menstruasi saya memang memakan jangka waktu yg lama minimal 7 hari dan maksimal 14 hari,namun beberapa bulan ini saya mengalami menstruasi yg lebih lama sekitar 3 mingguan sehingga masa bersih saya hanya sekitar 12 hari kemudian mens lagi,darah mens yg keluar hanya banyak sampai sekitar hari ke 4 setelah itu hanya sedikit yg keluar.Memasuki minggu ke 2 sudah agak bersih sehingga hanya darah putih yg keluar namun terkadang darah merah akan keluar sedikit2 memasuki minggu ke 3,apa penyebabnya dan bagaimana mengatasinya?saya khawatir klo terlalu lama dan sering begini saya akan sulit memperoleh keturunan kelak

  39. mas,mo tanya,aku cewek umur 25 th,knp kalau mens yg keluar flek2 dl selama 3-4 hari baru lancar mensnya…sebabnya apa?n bahaya apa ga?trs mens bulan ini flek dah 6 hari tapi belum lancar jg…knp ya mas?klo bisa ksh saran makanan atau minuman yg bisa memperlancar mens…thanks sebelumnya.

  40. Saya wanita 30 Tahun dan saya mengkonsumsi pil KB. Bulan Agustus ini saya menstruasi ( +/- 7 hari) tapi setelah selesai saya masih sering keluar flek2 kecoklat2an gt. Apa ada yang salah dengan menstruasi saya? saya agak takut karena ini baru yang pertama kali saya keluar flek2 coklat setelah menstruasi. Please advise nya. Terima kasih!

  41. Dok, sy ulfa, 27th, blm nikah. Mens pertama usia 14th selama ini mens normal aja, dan tiap bulan dpt mens tp sejak okt 2008 mens sy 9 okt08, 5 des08-1mar-28april-29juni-1sept. Mens akhir2 ini tdk banyak, malah cuma flek2 dan lama mens 2-3hr. Kenapa ya dok siklus mens sy jd lama? Saya pernah periksa ke dokter kandungan diberi obat norelut selama 20hr. Stlh minum 5hr kmd sy mens. Haruskah sy minum norelut lg? Bisa gak dok saya pny keturunan? Trims

  42. saya wanita 27 thn, sudah menikah 2 tahun 5 bulan. semenjak masih gadis (umur 18 thn) mens saya selalu lama dari 10-20 hari serta datangnya juga sangat cepat, kadang kala waktu bersihnya hanya 7 hari, darah yang keluar kadang banyak kadang sedikt, tidak menentu. saya khawatir ada kanker/kista. hingga kini saya belum pernah hamil. kata dokter gangguan hormonal karena berat badan saya hanya 37 dan tinggi 154 (kurus).

    saya diberi cyclo untuk mengatur siklus mens, kalo minum minum cyclo mens teratur hanya 2 bulan, setelah itu kembali ga normal lagi. untuk menahan mens selama bulan puasa dokter memberi nurelut, tetapi saya takut terlalu banyak minum nurelut nanti ada efek sampingnya.

    pertanyaan saya :
    1. kenapa saya bisa mens lama dan tidak teratur?
    2. apa efek samping dari obat hormonal dan nurelut?
    3. bagaimana solusi masalah saya?
    4. apakah gangguan hormonal penyebabnya bisa dari stress dan keletihan?

    terimakasih.

  43. saya wanita 27 thn, sudah menikah 2 tahun 5 bulan. semenjak masih gadis (umur 18 thn) mens saya selalu lama dari 10-20 hari serta datangnya juga sangat cepat, kadang kala waktu bersihnya hanya 7 hari, darah yang keluar kadang banyak kadang sedikt, tidak menentu. saya khawatir ada kanker/kista. hingga kini saya belum pernah hamil. kata dokter gangguan hormonal karena berat badan saya hanya 37 dan tinggi 154 (kurus).

    saya diberi cyclo untuk mengatur siklus mens, kalo minum minum cyclo mens teratur hanya 2 bulan, setelah itu kembali ga normal lagi. untuk menahan mens selama bulan puasa dokter memberi nurelut, tetapi saya takut terlalu banyak minum nurelut nanti ada efek sampingnya.

    pertanyaan saya :
    1. kenapa saya bisa mens lama dan tidak teratur?
    2. apa efek samping dari obat hormonal dan nurelut?
    3. bagaimana solusi masalah saya?
    4. apakah gangguan hormonal penyebabnya bisa dari stress dan keletihan?

    terimakasih

  44. gudluck youngdoct! langkah awal yg bagus ni, dokter online x)

  45. atriabirama Says:

    @Diyah: ya bisa jadi penyebab segala ketidakteraturan adalah gangguan hormon, karena salah satu bahan utama untuk pembentukan estrogen dan progesteron (hormon utama wanita) adalah kolesterol (lemak), maka dari itu, jika cadangan lemak sedikit, maka hormon yang terbentuk juga pastinya sedikit hal ini punya kemungkinan berandil dalam masalah diatas. Stress sangat mungkin, karena psikologis juga mempengaruhi keseimbangan hormon dalam keadaan normal.

  46. saya sekarang berumur 18th.udah 3X sya mengalami pendarahan.awalnya mens biasa.darah keluarnya sedikit*,lama kelaman banyak & darah keluar menggumpal.pkonya ngeri bgt.kaya org bis ngelahirin..
    sampe* PENDARAHAN.Sy jga cba berobat ke bidan & dokter tapi kta mereka bilang ga apa*.
    sekarang kejadian itu terulang lg skarang.pe ga nyampe keluar darah yg menggumpal kaya cincau.
    PERTANYAAN SAYA:
    1.Apakah mens saya ini penyakit?
    2.Apakah saya bisa sembuh & tdk kambuh lg?
    3.Bisa ga saya kalau sudah berkeluara bisa hamil ?
    yang saya takutin saya ga bisa punya anak.tolong donk bantu saya….

  47. atriabirama Says:

    @adel: terlalu dini buat bilang ini penyaki ato tidak, tapi kalo berdasarkan ceritamu, ada perdarahan yang gak berhenti di dalam sana. nah sekarang yg harus dicari adalah penyebab dari perdarahan yang terjadi, tentu saja harus diperiksa oleh dokter spesialis kandungan. disana, nanti anda mungkin akan dilakukan pemeriksaan usg untuk melihat kondisi rahim anda. karena memang beberapa penyakit bisa menimbulkan perdarahan….
    jadi saran saya, segeralah ke dokter spesialis kandungan supaya memperoleh penanganna lebih lanju

  48. ida ariyanti Says:

    umur saya 30thn, saya ada masalah dengan haid yang tak kunjung selesai,semenjak saya ikut KB suntik yang 3bln,sekarang aku sudah tidak ikut KB lagi semenjak 3bln yang lalu,saya mengalami haid kepanjangan sampai sekarang sudah hampir 8bln hanya berhenti 2 sampai 3hari saja, lalu haid lagi itupun hanya 3kali berhentinya haid.saya belum sempat periksa ke dokter karena belum ada biaya untuk periksakannya walaupun biayanya gak seberapa dan aku juga takut jika akan ada penyakit dibutuhku.
    disini saya meu menanyakan:
    1.apakah ini akan menjadi penyakit
    2.penyakit apakah yang akan aku alami
    terima kasih atas infonya……….

    • rahmei kintarsih nowack Says:

      Mba ida, kasusku skrg sama nih sama mba ida, skrg mens gmn mba sdh bisa diatasi blm? Penyebab nya apa? Aku mw ke dokter tp takut…

  49. atriabirama Says:

    @ ida, ak pengen tau sebelum ber KB, haidnya gimana?? lancar ato gak??
    memang salah satu efek samping dari KB hormonal seperti suntik, susuk, dan pil adalah gangguan dari siklus menstruasi. hal ini disebabkan karena gangguan dari hormon yang berasal dari KB itu sendiri. Bahkan ketika ibu menghentikan penggunaan KB hormonal ini, tidak serta merta siklus haid menjadi lancar. Butuh waktu beberapa bulan hingga siklus haidnya menjad seperti normal (dengan catatan riwayat haid sebelumnya lancar)

    • ida ariyanti Says:

      aku mulai haid sampai 8bln ini bermula saya habis melahirkan.
      anakku berusia 1bln saya KB Pil,tiap kali saya lupa meminum KB Pil hari berikutnya saya haid dan seterusnya jika lupa dan diminum berikutnya,lalu saya disarankan untuk KB suntik yang 3bln,karna waktu itu saya masih menyusui hanya bisa ikut KB Pil,Suntik,dan Spiral.lalu saya coba Suntik yang 3bln karna KB spiral saya takut (alatnya kan dimasukkan ke dalam). setelah saya Suntik,2minggu nya saya mulai haid sampai sekarang ini 8bln. dulu sebelum saya punya anak haid saya ga pernah ada masalah seperti ini selalu lancar.
      oya dalam 3hari ini haid ku semakin deras aja seperti air kran,sebelumnya ga pernah seperti ini,aku semakin takut.
      kira kira apa ya yang terjadi pada aku?
      terima kasih ya…..

    • kok ga ada balasan ya,mengenai diriku diatas……..
      thanks………..

  50. ida ariyanti Says:

    aku mulai haid sampai 8bln ini bermula saya habis melahirkan.
    anakku berusia 1bln saya KB Pil,sekarang anakku sudah berusia 10bln,tiap kali saya lupa meminum KB Pil hari berikutnya saya haid dan seterusnya jika lupa dan diminum berikutnya,lalu saya disarankan untuk KB suntik yang 3bln,karna waktu itu saya masih menyusui hanya bisa ikut KB Pil,Suntik,dan Spiral.lalu saya coba Suntik yang 3bln karna KB spiral saya takut (alatnya kan dimasukkan ke dalam). setelah saya Suntik,2minggu nya saya mulai haid sampai sekarang ini 8bln. dulu sebelum saya punya anak haid saya ga pernah ada masalah seperti ini selalu lancar.
    oya dalam 3hari ini haid ku semakin deras aja seperti air kran,sebelumnya ga pernah seperti ini,aku semakin takut.
    kira kira apa ya yang terjadi pada aku?
    terima kasih ya…..

  51. Mau tanya aku 29thn sudah lama aku kalo mens selesai dgn jangka waktu 7-8hari lalu selang 4-5 hari keluar flek lagi dgn jangka waktu 2-4 hari. Aku pernah periksa ke dokter, usg n pap smear. Sekarang aku sudah nikah n sebelum nikah pun ini sudah terjadi. Dokter pernah kasih obat, kalmex & mefinal, tapi gak ngaruh lalu aku pindah dokter dan dikasih obat duphoston, tapi bulan itu ga ada flek tapi setelah berhenti konsumsi obat itu kembali seperti semula. Hasil USG, pap smear semuanya ok.. Aku jadi bingung apakah itu normal?
    Terkadang mengganggu juga, terkadang fleknya itu bisa seperti darah saja yg menetes dan mengharuskan aku pakai pembalut lagi.
    Thx

  52. saya 20 th,blm menikah.terlalu sering haid,kadang 3x satu bulan.tapi tidak sakit.sudah periksa ke dokter tapi belum ada hasil.pdhl sudah ke ahli kandungan.gimana ya…..

  53. atriabirama Says:

    @erica: kalo gitu, maka jelaslah bahwa ada gangguan hormonal karena dari usg maupun pap smear gak ada kelainan. biasanya masalah gangguan hormonal memang terapinya agak lama, gak hanya 1-2 siklus bulanan.
    saya sarankan anda konsultasi lagi ke ahli kandungan anda..
    @ori: kalo sudah periksa ke ahli kandungan, dilakukan usg gak??

  54. kak rama, saya ibu rumah tangga usia saya 27 th,putra saya 1 berusia 3 th, riwayat persalinan saya dengan SC, siklus mentruasi saya 45 hari itu teratur, kontrasepsi yang pernah saya pakai pil dyane, suntik 1 bulan dan 3 bulan, semuanya saya tidak cocok karena BB turun drastis, sudah 1 th saya tdk pakai KB,bulan juni 09 saya perdarahan hebat sampai harus dikuret, 40 hari masa nifas saya dapat haid lagi tanggal 9 september selama 1 mgg trus sampai sekarang saya belum menstruasi dan metode kontrasepsi saya menggunakan coitus intruptus,pertanyaan saya apakah kesuburan saya terganggu terhadap gangguan mentruasi yang saya alami?terima kasih

  55. ka q emy 19 tahun.q haid lama bgt udah 4 bulan blum brhnti.dulu q pke sutik kb yg 3 bulanan.tp skrng sudah tidak pake lgi krn q udah pisah m suamiq.dulu wktu gdis haidku pling lama 10 hri.lalu gmn cara menghentiknnx?
    ini pnyakit ato bukan?
    lalu cara mngobatix gmn kaq?

  56. Ike Bambang Says:

    Mbk saya berusia 28 tahun sudah 2 tahun 10 bln menikah tp blum jg bisa hamil,kata dokter krn ganguan hormon,swktu blum menikah menstruasi memang tidak teratur,terlalu sering dtng bln dan bnyk mengeluarkan darah,stlh berobt ke dokter teratur kembali hanya bbrapa bln kmudian kembli tdk teratur stlah menikah tahun pertama teratur tp setelah telat kembali tidk normal terlalu sering mentruasi kembli saya konsultasi ke dokter yg berbeda dan diberikan obat hormon tp tahun ke 2 dan 3 malah jarang datang bln 4-5 bln sekali itupun tidak bnyak,badan saya pun jd gemuk swktu menikah 42kg skrng menjadi 55kg dgn tinggi badan 151 cm, tolong mbk apa yg mesti saya lakukan,bisakah saya hamil? sedih rasanya memikirkan ini mohon saran dan solusiny thanks

  57. Halo,nama saya tamara,umur saya 13 tahun,saya dapat mens pertama kali 28 juni 2007,saat dapat perut saya sakitnya gak parah,dan sedikit sampe seminggu saya dapat tapi gak sakit,sekarang saya dapat mens cuma sedikit sekali,dan terakhir mens agustus 2009 itu 2 hari!!
    Dan baru dapat sekarang!Payudara saya besar,katanya mama saya keturunan,sekarang ukuran bh saya 34,dan mens saya sulit!
    Apakah itu normal saya takut kena kanker!

  58. hi. sy lina. Ingin bertanya.
    Usia saya 19tahun.
    Sy dari dulu serng mengalami haid yg tdk teratur stiap bulannya.namun sebulan sekali pasti.saat ini sy sedang mengalami gejala yg aneh. Keluar semacam cairan kental seperti darah beku pada menstruasi namun berwarna coklat kehitaman. Bulan ini sy belum menstruasi.bulan lalu sy menstruasi pada tanggal 20an.
    Pertanyaan sy, apakah cairan coklat kehitaman itu?dan berbahayakah?
    Apakah itu gejala mau datang bulan?
    Trimakasih.

    • atriabirama Says:

      sepertinya itu darah yang membeku… kalo tanpa keluhan lain, sepertinya tidak berbahaya.. untuk lebih pastinya, harus dilakukan pemeriksaan USG.

  59. mbak, sya berusia 18tahun,knpa ya ketika sya datang bulan gg teratur biasa.a tggl 10an tapi ketika berganti bulan jadi tgl 5an dtang.a kira” itu ada gejala.a gg ??
    tetpai sya tdak begtu sakit perut hanya darah yang keluar serasa tidak normal palng sktr 5-8harian sya menstruasi??
    terimakaih ats sara.a

  60. Saya wanita 37 th, anak saya sdh dua yang paling kecil sdh unur 5 tahun. sejak melahirkan yang kedua saya mencoba KB sendiri ( tidak suntik, pil dll). awalnya menstruasi saya lancar namun setahun belakangan ini mens saya sedikit sekali, dua-tiga hari sdh selesai. september kemaren sempat telat sampai dua minggu setelah saya periksa ke dokter dan sempat di USG ternyata hasilnya negatif dan dokternya bilang bahwa rahim saya bersih gak ada penyakit atau tanda2 pembuahan. esok harinya saya mens seperti biasa, krn saya takut hamil ahirnya saya langsung KB suntik 3 bulanan, memasuki bln ketiga (desember) terjadi plek-plek coklat kehitaman selama satu bulan, katanya karena pengaruh KB nya. ahirnya saya coba KB sendiri lagi. pertengahan januari terjadi plek2 lagi tapi cuma seminggu. bulan Februari sama sekali tdk mens, awal maret kemaren saya tes pakai uji tes kehamilan hasilnya negatif. yang saya tanyakan apakah ada kelainan pada kandungan saya. sedangkan saya takut sekali hamil lagi. maaf terlalu panjang dan terima kasih

  61. mau tanya…
    saya masih 17th
    siklus suka beres kadang lama bisa lama bgt… kadang selang sebulan baru keluar lg….
    setaun lalu usg ada kistanya… masih kecil… kira2 ini sekarang bisa sembuh ga? terus ad hubungannya ga ya sama siklus yang ga teratur?

    sekarang 2 hari yg lalu ada flek kuning kecoklatan padahal udah seminggu selesai menstruasi… hari ini ada flek kuning2 agak banyak itu kenapa ya?

    • atriabirama Says:

      hmm, masalah kista, dokter kandungan lebih tau.
      kalo flek2nya gak bau dan gatal kayaknya gakpapa..

  62. Q andri usiaq 14 thn aq mau nx : Mengapa ya kok q g’pernh haid2 q terakhr haid tggl 11 agustus 2009 dan smpai saat ini q g’prnh haid? Apa penyebabx dan berbahaya gak dok? Tolong dijelasin

    • atriabirama Says:

      kalo masih awal-awal mendapat mens, biasanya memang belum teratur, karena kadar hormonya masih belum stabil, nanti akan normal dan teratur. tapi jika hal ini berlanjut terus, maka harus diperiksa untuk mengetahui apa penyebab pastinya.

  63. kak rama sy 25 th 2 kali terakhir siklus mens sy 2 minggu sekali dgn kuantitas yg lebih sdikit dari biasanya, sebelumnya tdk ada mslh,,,apakh ad gangguan hormonal atau penyakit lainnya

    • atriabirama Says:

      terlalu dini untuk mengatakan ada gangguan hormonal tertentu, jika melihat riwayat sebelumnya yang teratur. apakah ada keluhan yang lain?? nyeri misalnya??

  64. sy mau tnya,sy mlhrkan tgl 09 juli 2009..setelah itu sy dtg bln rutin tiap bln. terakhir haid tgl 4 maret 2010 yg dimulai tanggal 25 februari 2010.yang jd pertanyaan sy,skrng sdh bln april tetapi haid tak kunjung datang…padahal sy tidak menyusui dan tdk kb.sudah sy cek pke sensitif beberapa kali hslnya (-)..sy khawatir dpt hamil lg…krn sy blm siap utk hamil yg kedua.knpa ya sy telat dtg bulan?adakah obt utk tlt dtg bulan…normalkah itu?tolong jelasin.makasih

  65. sy pengguna alat kontrasepsi IUD, tp haid sy siklusnya tdk pernah normal, bila bulan ini sy haid maka 2-3 bln ke dpn sy tdk haid. pernah sy konsultasikan ke dokter jwb nya adalah hormon saya jelek. dan masih wajar dgn kondisi haid seperti itu ktnya. tp bulan ini sy haid setelah 2 bln tdk haid dgn waktu 7 hari, tetapi sampai hari ke 16 masih ada flek yg agak banyak dan bukan kecoklatan warnanya melainkan perah darah seperti haid tp tdk berbau darah. kira2 apa yg terjadi pd sy…? kemrn sy konsul ke bidan ktnya sy kelelahan…dan biasanya pd saat haid sy merasakan sakit yg luar biasa, namun ketika di USG tdk ada gejala apapun dan sy dinyatakan sehat. mohn sarannya.

  66. saya mau nanya, saya wanita umur 25 tahun, setiap menstruasi darah yang keluar bergumpal, apakah itu gak normal? berbahaya gak?trus gimana solusi pengobatannya, trims.

  67. umur sya 20thn .
    tp sjak 2bln ini sya tidak mndapatkan haid .
    suda saya test pack smpai 3x ,
    hsilnya negative .
    trus knpa ya ??
    apa saya hamil ??
    kalo hamil , tiap brhubungan slalu dkeluarkan dluar .
    trimakasih .

  68. sy 21 th.sy prtma kali haid sktr usia 15 th.biasax sy haid slma 7 hr dg drh haid yg ckp bnyk,bhkn kdang sgt bnyk.tp skrg sdh 4 hr haid,sy tdk mngluarkn drh sm skli,hny cairan kental yg brwrna khtaman n jumlahx sdkt.sy knp y?mhon jwbnx n trimksh sblumx

  69. Dulu haid saya tratur, stlah punya ank saya pakai KB suntik yg 3bln. Nggak lma kemudian saya brhnti KB. Tp sudah hmpir 6bln saya blm jg datang haid. Yg mau sy tanyakan brapa lmakah akn datang masa haid setelah brhnti dari penggunaan KB suntik 3bln? Terimakasih sblumnya. By: lilis di jambi.

  70. saya telah datang haid seminggu awal dari waktu yang sepatutnya..haid saya kali ini,darahnya banyak..biasanya pada hari ke 5 haid saya sudah habis..tapi haid saya kali ini lebih dari yang biasa (5 hari)..dan yang mengganggu fikiran saya adalah,selepas seminggu haid saya sudah habis,selang 4 hari kemudian,darah keluar lagi…kalau boleh saya mahu miss bantu saya dalam persoalan yg mengganggu fikiran saya ini..apakah darah itu darah haid juga dan mengapa ianya terjadi..saya awal 3o tahun..punya anak seorang..atau adakah ianya disebabkan komplikasi dari pil pencegah hamil yang saya makan,saya kadang2 makan 2 biji pil sekaligus selepas 1 jam hubungan kelamin..saya tidak mengikut aturan pengambilan pil tersebut…adakah haid saya terganggu kerana tindakan saya itu atau sebaliknya??bantu saya sis..buntu..

  71. Sya cwe,brumur 20thn. menstruasi trakhir tgl 31 juli, sya tidak menstruasi lagi. Namun stelah cek kehamilan hasilnya negatif.pi sebelumnx mens q tu kadang teratur kadang gak,dan biasanya q terlambat dtang bulan tu 12hari,
    kalo dtang bulan biasanya kadang nyeri kadang tidak,Itu kenapa ya?

  72. bagaimana jika seseorang itu tidak menstruasi apakah yang menyebabkan orang tidak menstruasi

  73. saya amabel berumur 16 tahun.
    Saya setiap datang bulan sampai 1 minggu lbh,
    lalu hanya 5 hari saya datang bulan lg.
    Mengapa dok?

  74. mau tanya nih…aku mau brngkt tgl 24 pkt 2010 nanti.biasa aku datang haid pd tgl 22 okt..ada gak obat untuk mempercepat datangnya haid?nama obatnya apa?caraminumnya gimana yah?atau minum obat penunda haid?namanya apa juga?makasih sebelumnya

  75. Saya belm menikah usia saya 20thn. Saya mau nanya kenapa haid saya lebih dri 7 hari bahkan bisa sampai 2mnggu lebih dan hanya keluar darah berwarna coklat. Dlu saya perna ke dokter kandungn katax pengaruh hormon N saya dikasi obat norelut Dan ada 1 jens obt lg tp saya lupa namax, wkt itu saya disuru konsultasi selama 3bln berturut2 wkt i2 haid saya menjd teratur, tp sekarg haid saya kembali lg kaya dlu. Kok bisa kaya gitu?

  76. saya wanita 24th,saya sudah menikah dan py anak.setelah melahirkan anak pertama saya ikut program kb suntik 3bln.selama hampir 4th saya tidak pernah menstruasi.skrg kb-ny sudah 2bln saya lepas,tapi blm menstruasi juga.yang saya ingin tanyakan bagaimana caranya agar saya bisa menstruasi atau bisa subur kembali?

  77. haii..sy erna usia 26 thn, punya anak 1 (13 bulan) sebelum menikah dan punya anak mens sy lancar (1 bulan 1x, lama nya 7hari)biasanya dihari 2-3 mens sy 2x ganti pembalut, tapi setelah 40 hari mlahirkan sy pake KB SUNTIK 3 BULAN (sudah 4x suntik)3minggu stelah itu sy mens tp sedikit hanya pake pantyliner 1hari 1pantyliner,dan waktu mens nya sampe 15 hari.
    apakah itu normal ato tidak?apa sy harus ganti kb?
    terimakasih..

  78. mbak, saya mau tanya nihhhh…. saya berumur 25 th. saya datang bulan sih teratur tiap bln pasti dateng, tapi masalahnya kenapa dari pertama kali saya datang bulan cuma 3 hari doang….
    klo dulu 3 hari itu keluarnya banyak, tpi klo belakangan ini saya dtg bulannya cuma sedikit, gak sebanyak dl lg
    apakah itu normal mbak…?
    ada gak yahhh mbak obat biar dtg bulan saya jd normal.
    thanks….

  79. sya wanita berusia 19 th.sya belum menikah,masih sekolah.
    waktu thn 2009 sya pernah menstruasi seperti org pendarahan.lamanya menstruasi satu bln penuh.setelah itu hampir tp bln sya suka menstruasi ga ada berhentinya.sya sudah pernah kedokter sampai di USG,kTA DOKter sya tdk apa apa.sampai sekarang sya terus terusan menstruasi tiada henti.saya cape seperti ini.

    apakah anda mempunyai solusnya?

  80. dini apri fajriah Says:

    ehm,, Q msih bingung niy….
    sebenernya terjadinya gangguan menstruasi tuh krna ap ciii?
    hormonnya “keganggu” keganggunya itu gmn ???
    hormon appa dipengaruhi oleh ap? sehingga terjadi gangguan mnstruasi…..
    jalan nya itu gmn …..

    trus kl bisa si tolong jelasin hubungannya dengan kb suntik 3 bulan…
    sedetail mungkin… tlong yaaaah…
    trims….

  81. Saya mau tanyak saya juja mengalami hal yang banyak di alami teman-teman di atas.menstruasi yang cukup lama n bahkan tidak pernah berhenti.sudah konsultasi ke dokter mpe 2 x bahkan melakukan tes kencing n USG juga n di beri obat juja tetapi belum sembuh juja bahkan q coba di berbagai alternatif yang menganjurkan minum daun sirih namun hasilnya tidak sembuh juja.mohon bantuannya n informasinya.terima kasih

  82. pak….saya umur 29 th,,,sudah menikah,,5th yang lalu,,,saya gak haid lagi,,,sejak 13tahun yg lali,,,,sampe sekarang,,,kata dokter uterus say kecil…dokter….saya bisa hamil dan melahirkan,,,tidak,,,,,apa sayan bisa diobati,,,,,,,,,,,,,adakah harapan itu,,,,makasih dok ditunggu jawabanya…

  83. Mau tanya, please dijawab yah…
    saya berhubungan intim dengan pacar saya, dan beberapa hari setelah berhubungan intim tersebut pacar saya melakukan suntik KB, dan sekarang jadwal mens-nya sudah terlambat 10 hari dari waktu normal. pertanyaan saya, apakah pacar saya hamil? kalau tidak apakah ada kelainan, karena menurut pacar saya selama ini menstruasinya selalu lancar dan tepat waktu

  84. ankQuChaby Says:

    sya mlhrkan ptri,
    sya bnggung sdh 3bln sya tdk dpt mens sya bnggung ,,
    sdah sya tes hslya negatif,
    apa yang terjadi dngan kwanitaan sya,,,?

  85. dok, saya berumur 20 tahun dan belum menikah
    bulan kemarin saya terlambat datang bulan, tapi akhirnya dapet juga seperti biasa setelah mengkonsumsi kiranti.
    tapi bulan ini menstruasi saya tidak lancar. hanya keluar flek-flek coklat aja. sempat terhenti, namun besoknya keluar flek-flek coklat lagi. mungkin hanya satu tetes per hari, itu juga terjadinya di siang hari. memang saya sedang menjalani ujian kuliah. apakah dikarenakan stress dok? atau ada penyebab lain? solusinya bagaimana?
    terima kasih sebelumnya

  86. Mas Atriabirama,
    Umur ku 22 tahun dari dulu mens ku tidak pernah sakit tapi darah selalu kental dan menggumpal.. dan biasanya tidak terlalu banyak dan hanya sekitar 3- 4 hari saja setiap bulanya.. apakah itu normal? Mohon balasanya yaa.. Dilanda bingung bertaun2 niyy…

  87. Pak,sekarang ini saya sedang bingung sebelum masa nifas lewat pas hari ke 33 saya sdh dtg bln. Dan berlangsung sampe 2 minggu lbh. Apa tidak bahaya? Dan perut di bagian rahim kadang masih terasa nyeri. Padahal ini sudah 47 hari. Apa penyebab nyerinya ya?

  88. sy b’usia 26th,sudah menikah 7bulan yg lalu…slama 7 bulan haid sy teratur,tapi selama haid pernah 2 kali b’langsung slama 3 minggu b’turut-turut,kmudian sy cek k dokter kandungan hasilnya normal & diberi resep norelut.yg sy tanyakan:
    Apakah fungsi dari norelut?apabila mens brhenti sy tetap disuruh dokternya mengkonsumsi norelut b’pengaruhkah pd k’suburan?karna intinya sy ingin cepat2 m’dapatkan momongan.trims

  89. ehm,,
    penyebab gangguan menstruasi pada KB suntik 3 bulan tuh ap aj si?
    ad gk hubungannya dengan usia, lama penggunaan dan perubahan berat badan?
    tolong penjabarannya…
    trimakasih…

  90. saya seorang ibu rt usia 25thn.punya anak usia 3 thn,selama 3 thn saya memakai kb suntik 3 bulan.mulai desember sy berhenti suntik dan maret sy bru mulai mendpt mens.yg ingin sy tanyakn kenapa mens sy gag berhenti mpe 18 hari.apakah itu berbahaya?dan apa yg hrus sy lkukan

  91. saya nur aku sering telat bulan ak kirain ak hamil tp ternyata tdk saya mau minta solusi bgmn untuk cepat punya momongan kendalanya kalo ak hait sering sakit lalu siklus haidku yg tdk beraturan

  92. sya remaja’berumur 19 thun,blum menikah.saya menglmi gnnguan mntruasi.sjejak pertama menglmi datang bulan siklus haid saya tdak teratur,kdang 1 buln saya tdk mendapat haid sama sekali dan darahnya yg kluar pun kadang hanya sdikit.yg ingin sya tnyakan,apakah hal ini bisa menyebabkan kemandulan apbila suatu saat saya menikah nanti? dan apa penyebab hal seperti itu?MHON JAWABANNYA ya mbak.sblumnya trmakasih.

  93. Saya mau tanya,saya 6 bulan terakhir ini,haid saya berkurang hanya 3-4 hari,hari pertama sampai ketiga deras,tapi hari terakhir gak keluar,saya berusia 21 tahun, belum menikah,dan saya mendapat haid pertama kali umur 12tahun,tapi siklus tanggalnya normal sekitar tanggal 20/21 tiap bulan,apakah haid saya yang sedikit itu normal?apakah ada hubungannya dengan kesuburan saya?lalu saat haid ada darah kehitaman seprti darah beku yang keluar,apakah itu normal?
    Kalau boleh,minta sarannya agar haid lancar&banyaknya teratur,terimakasih

  94. aslkm,, kak, sy mahasiswa berumur 19 thn. saya mau nnya,,
    saya haid dtangnya tiap 3 bulan sekali,, saya kawatir dengan keadaan saya ini,, pas saya haid darah yg keluar hnya sedikit. sya sdh periksa ke dokter namun hnya di berikan obat dan sama sekali tdk beraksi :(.
    bgmna cara me normalkan kembali siklus haid saya???
    apakah ini nantinya akan mempersulit saya untuk hamil jika kelak saya punya pendamping????atau sama sekali tdk bisa hamil?? saya takut kalau kejadian itu bisa terjadi kepada saya,,, mohon di bls yaa,,, syukron :)

  95. mbak, udah 2 kali ini saya kok menstruasinya dlam sebulan bisa dua kali ya? kira2 knpa ya?

  96. thanks infonya

  97. hai…

    saya julia berumur jalan 18 tahun…
    saya sering trlambat haid kadang 2 blan bahkan pernah sampai
    6 bulan…

    saya ingin tau ge mana caranya agar haid datang setiap bulan
    secara teratur?…
    mohon solusinya ya…
    Terima Kasih :)

  98. sy cew umr 21th,sy mens biasany tertr,kmrn sy mens tgl 22mrt,tgl 1 sy mnm postinor krn hbs hub intim,trs tgl 8 sy mens

  99. pak,…saya mau tanya,kenapa ya haid saya beberapa bulan ini hanya 2 hari?berbahayakah itu?
    sebenarnya apa penyebabnya,padahal dulu haid saya normal 5-7 hari.
    bagaimana cara mengatasinya ya?
    tolong kirim jawabanya di email saya ya pak…
    trimakasih atas infonya yg bermanfaat..

  100. mas,sya mau nanya knpa bru 3 bulan ini sya mnglami haid yg lama hmpir smpai 3 minggu
    drah nya keluar cuman skitar 4hari dan hari seterus nya cuman bercak ajah
    ap itu brhya mas?
    mkiseh

  101. wiwin andayani Says:

    aku haid sudah 6 bulan nggak berhenti-berhenti, darahnya nggak banyak si..paling berhenti 1 hari…apakah ini normal?thanks..

  102. saya berumur 15th,saya sudah menstruasi yang pertama kali waktu klas 1smp atau sekitar umur 11 atau 12 thn. Tp knapa saat sekarang berumur15 ini sudah 7bulan saya tidak menstruasi? Kenapa penyebabnya? Apakah saya stres krn wktu itu mau UN dan msh menunggu kelulusan sebentar lagi? Saya takut apakah ada yang aneh atau yang menyeramkan? Tapi saya sudah menstruasi yg pertamakali kok dok? Tolong sekali di jawab ya dok bisa2 saya tambah setres nih

  103. tolong di balas di sini saja ya pak..

  104. saya berusia 27 thn, belum menikah dan haid pertama pada usia 15 thn. 3 bulan terakhir haidnya sering telambat dan masa haidnya hanya 3 sampai 4 hari…. kalau malam malah nda keluar darahnya trus sering nyeri pada haid pertama…

    1. apakah siklus haid saya bermasalah????
    2. apakah hipermenorea dan oligomenore???
    3. apakah ada pengaruh pada kesuburan ???
    4. bagaimana cara pengobatannya???

  105. evi handayani Says:

    selamat siang mas, mas saya mau konsultasi nih. 6 bulan yang lalu saya masih menggunakan kb suntik yang 2 bulan,lepas dari 6 bulan tersebut saya berhenti kb, bulan pertama berhenti kb dan bulan2 berikutnya saya datang haid sedikit2 hanya plek dan waktunya tidak lama2, tapi di bulan ke 5 ini saya mengalamai datang haid ya lumayan banyak keluarnya dan lama pula waktunya sampai sekarangpun masih keluar haid. yang ingin saya tanyakan apakah itu pengaruh dari lepasnya kb saya itu mas apa ada pengaruh yang lainya mas? makasih

  106. Adik saya, lajang 20 tahun, dari smp menstruasinya sampe muntah2, perut kayaknya sakit sekali, kadang pingsan, kadang kaki dan tangannya jadi kaku…

    Kenapa itu yah? Normal kah?

  107. malm mas salam kenl dr saya dwi ,,,,mas sy mau tanya sy janda 9thn belakang ini mens sy kurg lancar dn klau dtang mens hnya 1/2 udah trus kenapa ya kok drah mens agak hitam ??? perlu mas ketahui tgg sy 150cm,dn tb 65kg 5bln yg lalu sy minum obat diet dn 1bln terakhir ini sy udah berhenti,apakh ada pengaruhya sm mens yg sy alami ?? mohn mas jawabnya trima kasih

  108. aq mau tnya ciri.ciri kemandullan itu apa yah ?
    thang’s…

  109. pak, saya mau nanya,,sudah 3tahun sy pakai KB suntik 1 bulan selain itu sy jg sering gunakan ventiliner n sabun pembersih vagina. tp 5 bulan ini sy tdk haid trs bulan ke 6 uda haid tp hanya sedikit2 darahnya keluar sampai 2 minggu. apa itu karena kb yg saya pakai dan apa yg bgt tdk bahaya,,?? tlg dijawab ya pak,,,

  110. sy wanita berumur 39th, setelah sy melahirkan anak ke2 wkt umur 28th sy ikut KB suntik dan sy tidak dpt haid slm 6th, kmd yg psg spiral haid lancar slm 4th, kmd sy hamil, apakah dr KB yg saya bisa menyebabkan kelainan kromosom, mengingat sy pernah tidak dpt haid ?
    makasih ….
    tolong kirim jawabanya di email saya ya pak…

  111. kak, saya remaja kelas 3 smp usia saya 14 tahun ,baru saja mengalami haid pertama dua hari yang lalu, dan warnanya coklat pekat, yang saya mau tanyakan, apakah warna haid yang coklat pekat juga sedikit itu berbahaya?

  112. saya mau tanya,kenapa selama saya meminum postinor 2 haid saya datang nya sedikit sekali,padahal sebelum sy kenal postinor 2 haid saya selalu banyak,dan setelh 4 bulan tak minum lg pas berhubungan lg sy minum postinor lg dan haid sy sampai sekarang jg belum datang,padahal hasil nya negatif.

  113. fenny melinda Says:

    sya berusia 22 thun,sdah mnkah dan mmpunyai 1 anak.stlah mlhrkan sya mnggnkan suntik kb 3blan tp slma 3blan itu sya sllu kluar flek.akhrnya sy brenti untk kb.tp sdah 2blan dr brenti kb sya blm mndptkan haid msih flek trus..kra2 knp ya?mksih

  114. sejak kapan dr. aby jadi spesialis kandungan??hhe

  115. saya ma tanya,,6hari ini saya haid keluarnya flek saja tidak seperti biasa 5hari normal,saya usia 32th,kbnya iud,apakah itu normal karena selama 3thn berkb baru kali ini aya mengalami hal ini terima kasih saya tunggu informasinya

  116. saya mau tanya, kenapa 2 kali haid terakhir yg keluar hanya sedikit. Saya terakhir berhubungan dgn suami sekitar 17 sept 2011 (kebetulan suami saya sedang pendidikan di luar daerah) setelah itu saya haid tgl 4 oktober dan 28 oktober kemudian saat ini tgl 21 november siklus haid saya sekitar 20 hari dan lama menstruasi 3-4 hari saja). pada haid tgl 4 oktober semua stabil. kemudian pada tgl 28 oktober darah keluar banyak pada hari pertama dan kedua saja.hr ke tiga sudah tinggal bercak sedikit.kemudian haid yg saat ini hanya bercak kecoklatan yg sedikit sekali. apakah ini suatu penyakit ? atau pertanda saya akan mengalami menopause ? saya bener2 takut karena saat ini diusia ke 29 thn saya blom mempunyai keturunan. tolong kasi saya saran harus bagaimana ya…terimakasih banyak sebelumnya ..

  117. bagaimana jika seorang wanita pernah mengalami amenorhe slama 3 bln, bulan kmudian normal sperti biasa tp bln dpnnya lg dia menstruasi tp darah haid hnya kluar sdikit2 tp lama bhkan lebih dari 2 minggu?
    ap itu berbahaya dan ap kemungkinan efek selanjutnya?

  118. Mlm , umur sy 17 th , brt bdn 49 kg , tinggi bdn 156 cm, sudah beberapa bln ini sy mengalami masalah soal menstruasi , sy menstruasi 2 minggu sekali , apakah keadaan sy normal atau tidak , makasih sebelum dan sesudahnya

  119. apa penyebab darah saat mens sdikit?

    thanks

  120. Dok… saya echa 27 tahun. pada umur 19 tahun saya telah berobat ke dokter kandungan agar saya bisa menstruasi dan itu berhasil stelah berjalan 1 tahun pengobatan tapi hanya sekali,, kemudian saya tidak berobat lagi karena dana yg tidak mungkin… sekarang yg ingin saya tanyakan :
    1. mungkinkah di umur saya sekarang, saya lanjutkan berobat kembali?
    2. menurut dokter adakah kemungkinan saya sembuh (bisa haid) ?? dengan kondisi saya sekarang?
    3. Apakah Akibat yg ditimbulkan jika saya tidak berobat ??

    terima kasih sebelumnya dok…

  121. saya berumur 14 tahun , saya baru mengalami menstruasi pertama kali pada tanggal 1 januari 2012. tp sampai sekarang saya tidak haid lg , kenapa dok ? tolong jawab ya.makasih

  122. saya berumur 14 tahun , saya baru mengalami menstruasi pertama kali pada tanggal 1 januari 2012. tp sampai sekarang bulan juni saya tidak haid lg , berarti sudah 6 bulan ngga haid. kenapa dok ? apakah ini normal untuk saya yang baru pertama haids? tolong jawab ya.makasih

  123. saya mau tanya… kalau waktu menstruasi hanya 1 hari,, dan darah haid nya tidak bnyak…. apakah itu ada gangguan….
    mohon di jawab

  124. Usia saya 39 tahun.sudah menikah 6 tahun.Thaun 2002,sebelum menikah saya pernah operasi mioma uteri dan kista d indung telur.Saat itu mium saya sudah seberat 3 kilo.setelah menikah tahun 2006 sampai sekarang belum juga hamil.Saya sudah Usg dan menurut dokter mium dan kista saya tumbuh lagi.Dan sudah hampir 2 tahun ini menstruasi saya berangsur melambat.Apakah ini akibat mium dan kista saya yg mucul lagi?ATaukah ini merupakan gejala menopause dini?

  125. trimakasih atas informasinya… :)

  126. Muaiwanah Says:

    saya mau tanya apa penyebabx klo orang haid tidak lancar tapi sering seperti keluar darah 3 hari suci 3 hari haid lagi 7 hari dan keluar darah lagi 4 hari dan seterus

    sudah di USG tidak ada tanda2 mioma dan kista katax tidak apa2 lantas kenapa 2??????????
    n bagaimana obat dan penyembuhannya?????????

  127. sya mau tny ,saya berumur 13 thn .pertamakali sy haid saat umur 11thn ,pertamakali haidny sih lancar tapi setelah itu tdk haid 3bln.kembali haid spri bysa.setelah itu tdk haid lg selama 1bln kemudian haid . dan inti ny sdh 2 bln sy tdk haid. kira2 apa yg terjadi ? terimakasih .

  128. maaf saya mau tanya,saya berumur 16 th. saat ini saya belum datang bulan, padahal seharusnya sudah. bulan bulan sebelumnya saya selalu lancar dalam datang bulan. tapi entah mengapa sampai saat ini saya belum mens.
    saya sering menglami keputihan. apakah keputihan itu yang menyebabkan datang bulan nya telat
    tolong jawab yaaa,sangaat membutuhkan penjelasan. terima kasih.

  129. vickey cules Says:

    untuk menstruasi sampai 2mnggu bgaimana?

  130. saya mau tanya, tanggl 22-27 des enstriasi setelah 10hari sekitar tgl 6 januari tiba” ada flek coklat di sertai darah sedikit merah tua, itu kenapa ya? dan berlangsung 5hari

  131. saya mau tanya usia saya 23th,udah pnya ank1 bru 1th….2blan terhir ini kalo haidh darahya kok sedikit ya,tidak seperti dulu…apa pengarh bb saya ya?karena bb sy skrng 58 dg tinggi 155cm,tlng ksh solusinya….,trmksh sy tgu jwbya

  132. Saya remaja berumur 16 taun, saya mengalami menstruasi hanya 3-4 hari, hari pertama darah xg keluar cukup banyak tp hari brikutnya mulai berkurang
    saya memang sedang stres 5 bln trakhir ini, itupun karna memikirkan siklus mens saya yang seperti ini
    apa yang harus saya lakukan?
    Itu normal ato tidak?
    saya menstruasi spt itu sejak 6 bln trakhir

  133. siti salbiah Says:

    Saya mau tanya usia saya 40th,saya seorangibu rumah tangga dan tidak memakai jasa pembantu semua pekerjaan rumah saya yg mengerjakan.saya mens selama 7 hari.dalam 1 bln .tapi kini saya mens 1 minggu mens,1minggu tidak,danminggu ke3 nya saya mens lg. Yg saya tanyakan apa isaya kecapaian,atau stress dengan pekerjaan atau ada gangguan dengan kb saya (saya pake kb diikat rahim dengan benang) sehingga mens saya tidak normal apa obat y dan apa solusi y …trimakasih saya tunggu jawabannya

  134. wina rahmawati Says:

    saya mau tanya klo, dalam seminggu udah haid udah bersih, tp knapa belum sebulan haid nya keluar lg…?

  135. sy umur 23 thn blum nikah. sdh 2 bln g dpt mens. trus kadang nyeri/sakit perut bagian kiri bwh.. 3 thn terakhir siklus mens sy normal saja… sbenarx sdh ad tanda2 mau dapet, tp dtunggu2 kok g kluar2, malah perut kiri bwh yg kadang sakit… itu knp yaaa?

  136. Adeliannisa Says:

    Setiap bln sy mgluarkan flx cklt,dan hnya sdkt.sblm ada prstwa itu prt sy dan payudara sy trs skt.lalu pertanyaan sy apakah itu mens?
    (umur sy 13 tahun)

  137. Elista attabroni Says:

    Kenapa ya kemaren saya udh menstruasi selama 7hari tapi ko aneh saya menstruasi LG!!!! Apa ada masalah dngn kesehatan saya!!!!

  138. lilis karlina Says:

    Saya wanita umur 22 thn blm menikah.3 bln terakhir ini saya slalu ada darah Segar slama 2 hari stlh sminggu stlh haid ..berbahaya ga y?

  139. dwi sukersih Says:

    saya mw tanya dok, usia saya 35 thn sering mengalami haid dalam 1 bulan bisa 2/3 kali kenapa ya dok? saya sudah usg, kata dokternya saya kecapean tapi kerjaan saya tidak terlalu berat dan sampe sekarang saya masih sepeti itu, saya jadi takut mohon penjelasannya terima kasih dok

  140. Waktu it aku prna seblum haid kluar darah bungkol,trus stlah bberapa hari aku haid tp darah bungkolnya msih ada trus haidnya gk bnyak cuma dikit,itu kenapa ya ?

  141. saya mau konsultasi.umurku 24 belum menikah. siklus menstruasiku sering gak teratur. sering mengalami mens 1bulan 2x.saya periksa kedokter katanya penyebabnya kecapean dan bnyk pikiran.tp yang saya takutkan kenapa kejadian seperti itu sering terjadi.apakah normal?

  142. umur sy 25 thun, sy sdah menikah slama 1 tahun dan blum mempunyai anak, knpa ya sy haid lama betul, kadang2 smpai dua minggu, haid kadang2 sdikit kadang bnyak, sy takut klau ada penyakit, pdahal waktu sy blom kawin, haid sy msih normal, apakah ini tanda2 kemandulan. terima kasih

  143. Saya wanita berumur 24 tahun sudah setahun 3 bulan saya tdk KB nah baru bulan kemarin tgl 13 maret saya ikut KB suntik 1 bulan,nah saya mengalamin mens tgl 13 april selama satu minggu, bru 3 hari berhenti saya mens └åƍi selama 3 hari, dan sekarang saya malah dapet └åƍi mens dan saya belum melakukan KB Ɣª∏ğ ke dua karena saya takut apa itu normal ato tidak cocok karena KB na ya ato ª∂a̲̅ sesuatu Ɣª∏ğ lain mohon jawaban na dan penjelasan na ({})Ʈƕǎƞƙƴǒǘ({})

  144. saya berumur 18 tahun,saya baru melahirkan prematur 2 bulan lalu,sehabis nifas saya mens kembali dan sampe sekarang blm mens lagi,sy tdk kb dan menyusui krna ank sy tdk selamat.
    apakah ini normal ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: