Pengalaman Pertama “Persalinan Normal”

Minggu ini ak dapat pengalaman yang seru banget selama ak K3M di Dlingo, mungkin malah yang paling seru selama ak KoAs. Ceritanya mulai dari hari Jum’at kemaren, hari itu ada 3 partus di puskesmas, tapi ak Cuma liat sama sedikit membantu aja. Huh, ibunya baru G1, jadi persalinannya lama. kepala bayinya pas dilahirkan mirip kayak kepala alien. Yang istimewa Cuma bisa melihat partus secara langsung. Trus pas hari sabtu, ternyata ada lagi yang datang mau melahirkan, sudah bukaan 10. Huh, wah ini kesempatan bagus nih. Hmmm, yah, tapi ak agak gak berani juga minta sama ibu bidan, walopun orangnya baik, soalnya ak juga belum masuk ke stase ObGyn juga kan.
Ehhh, tanpa disangka dan tanpa diduga, BU Bidan yang baek hati itu menawarkan pada ak buat VT (Vaginal Touche). Hoho, tanpa ragu, tanpa pikir panjang, ak ambil kesempatan itu, soalnya ak takut, gak bisa dapet kesempatan itu dalam waktu dekat. Hehehe…… Habis VT, sekalian aja ak disuruh juga pimpin persalinan. Wahhhh, kalo yang ini ak baru pernah praktek pake boneka, liat video sama liat yang asli kemaren, tapi sekali lagi ak mikir kalo kesempatan itu gak dating 2 kali, jadinya ya kuberanikan diriku. Hehehehe……..
Wah ternyata pimpin persalinan pertama kali, seru banget, apalagi ibu bidannya juga ngajarin dengan sabar. Hehe. Ak praktek semua ilmu yang selama ini Cuma bisa dibayangkan aja. Baru sekarang ak ngerasa kalo yang namanya skills lab itu ada gunanya. Hehehe, sorry buat tombro, biasanya tak jelek2in skills lab-mu. Gak lagi mulai sekarang….. Yup, persalinan dimulai seperti biasa, kepala dulu, trus putar paksi luar, bahu anterior, posterior, sangga susur, trokanther anterior, posterior, trus inisiasi menyusui dini. Klem tali pusat, potong, trus masuk kala 3 ato kelahiran plasenta.
Hoho, disini, ak juga disuruh pimpin lagi. Diajari perasat2 yg dulu pernah ak pelajari secara teori, hoho… trus melihat kotiledon yg asli. Yang kurang sebenernya Cuma jahit episiotomy, secara ibunya udah G4, jadinya dah gak rupture lagi. Hehehe……
Pokoknya serulah ketemu ma pasien-pasien……. Hidup Ilmu Klinik………..

Oia, lupa, selamat ya bu, anaknya lahir laki-laki………….

4 Responses to “Pengalaman Pertama “Persalinan Normal””

  1. hihihi..
    tampaknya seru banget kisah mu..
    tp aku gk ngerti istilah2 kedokterannya..
    mbok ya ngasih istilah umum aja,,
    secara yg baca kan dr awam juga..

    okaii..
    keep writing..!!!😀

  2. ita_cuantique Says:

    cieeeeeeeeeeee…..VTny diresapin bgt tu sm abi…selamet deh uda bs nglahirin bayi….ga usah stase obsgin donk kl gtu….heheheheehe

  3. Dian "Dede" Says:

    Selmat ya, Bi……Semoga ga ngiri ama ibunya ya…Jangan ngaku2 jadi bapaknya lho…he3x…
    Peace, BI………
    Kapan2 ajari melahirkan ya………

  4. hehe,,
    pengalaman pertama melahirkan ya, pak?🙂
    jd ngiri,,
    aq jg pengen ah besok2 bantu partus normal,,
    congratz ya, pak dokter,udh jadi dokter beneran nih 2 bulan terakhir,,🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: